Hastuti, Dewi (2013) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial Interaktif untuk Materi Menyelesaikan Siklus Akuntansi Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_DEWI_HASTUTI_1109836_5319_2013.pdf [thumbnail of B1_1_DEWI_HASTUTI_1109836_5319_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_DEWI_HASTUTI_1109836_5319_2013.pdf
Download (79kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
berbasis komputer model tutorial interaktif yang valid, praktis dan efektif. Mata
pelajaran Menyelesaikan Siklus Akuntansi adalah standar kompetensi yang harus
dikuasai oleh siswa kelas X di SMK Program Keahlian Akuntansi. Siswa harus
mendapatkan pengalaman belajar secara langsung dalam bentuk keterampilan
dalam melakukan pembukuan, ini dapat difasilitasi melalui penggunaan media
pembelajaran berbasis komputer model tutorial interaktif menggunakan program
Microsoft Excel.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model dan Prosedur
pengembangan menggunakan 4-D model (Four Models) terdiri dari tahap define,
design, develop dan disseminate. Pada tahap define dilakukan analisis kurikulum
dan analisis siswa, pada tahap design dilakukan perancangan media pembelajaran
berbasis komputer model tutorial interaktif. Pada tahap develop dilakukan validasi
dan ujicoba terbatas pada SMKN 1 Pekanbaru kelas X AK 2, untuk mengetahui
praktikalitas dan efektifitas media pembelajaran berbasis komputer model tutorial
interaktif yang dikembangkan. Tahap disseminate tidak dilakukan. Data yang
diperoleh untuk menentukan kevalidan media pembelajaran berbasis komputer
model tutorial berasal dari angket validasi. Data untuk menentukan praktikalitas
diperoleh dari angket praktikalitas guru dan siswa. Data efektivitas di peroleh dari
hasil belajar siswa.
Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis
komputer model tutorial interaktif pada materi menyelesaikan siklus akuntansi
sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif. Rata-rata validitas media 94,58,
praktikalitas media dari angket praktikalitas untuk guru rata-rata 94,56 dan siswa
pada ujicoba kecil 95,28, pada ujicoba besar 95,51. Media pembelajaran ini sangat
efektif, ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai 84,8 dan
persentase siswa yang tuntas 90%.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 01:31 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 01:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5817 |