Krisma, Richa (2015) Pengembangan Tes Hasil Belajar Menggunakan Computer Based Testing (CBT) pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas VIII di SMP N 1 Kubung Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RICHA_KRISMA_1100347_4945_2015.pdf [thumbnail of B1_3_RICHA_KRISMA_1100347_4945_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RICHA_KRISMA_1100347_4945_2015.pdf
Download (6MB)
Abstract
Latar belakang penelitian di SMP Negeri 1 Kubung Kab. Solok, terlihat bahwa pengukuran hasil belajar siswa masih kurang baik dan pelaksanaan ujian dengan berbantuan computer belum dapat dilaksanakan karena fasilitas yang belum memadai dan kendala-kendala lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan program tes hasil belajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang valid dan praktis dalam mengukur hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development. Ada 3 tahap umum yang dilakukan dalam penelitian ini :analisa kebutuhan, dimana pada tahap ini peneliti melakukan analisis kebutuhan produk. Perencanaan pada tahap ini peneliti melakukan perancangan dan pengembangan program tes dalam dua bentuk yaitu paper based dan computer based. Pada uji coba paper based soal diuji cobakan kepada siswa sebanyak 20 responden dengan banyak soal 60 butir soal dan terdapat 33 item soal dinyatakan valid dan 27 item soal tidak valid, selanjutnya dilakukan perbaikan terhadap soal yang dinyatakan tidak valid. Kemudian diperoleh uji validitas perbandingan dengan nilai 0.64 dengan taraf signifikan dan reliabilitas soal dengan releabilitas tinggi yakni 0.73. Berdasarkan uji coba dan validasi dimana soal tes pada media ini dilakukan validasi dengan cara self evaluation oleh teman sejawat dan validasi oleh expert review. Hasil validasi dinilai 94% yang berarti telah mencapai kevalidan. Dari hasil penilaian Produk CBT yang telah diperbaiki tersebut maka di uji coba kelapangan untuk mengetahui kepraktisannya, dan hasilnya memiliki kepraktisan 82% dan efek potensial pelaksanaan evaluasi belajar dengan CBT ini sebesar 84%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CBT, TIK, Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 09:32 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 09:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5803 |