Utami, Putri (2019) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division terhadap Hasil Belajar Sejarah Indonesia Siswa SMAN 3 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_Putri_Utami_14046080_1363_2019.pdf [thumbnail of B1_02_Putri_Utami_14046080_1363_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_Putri_Utami_14046080_1363_2019.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar Sejarah Indonesia. Permasalahan penelitian ini adalah pengetahuan peserta
didik dalam pemahaman sebab akibat peristiwa sejarah masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Indonesia masih banyak yang berada di bawah KKM (77). Hal ini diduga karena
guru masih dominan menggunakan model pembelajaran konvensional. Untuk itu, diperlukan sebuah model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman
peserta didik mengenai materi sebab akibat. Solusi yang ditawarkan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS SMAN 3 Pariaman yang berjumlah 150 orang. Sampel yang didapatkan yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 60 orang, yang didapatkan melalui teknik random kelompok. Pengambilan data dilakukan dengan cara pemberian pretest dan posttest dengan menggunakan perangkat soal objektif sebanyak 40 butir soal. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Temuan penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 8,542 dan kelas kontrol 7,373. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen
10,542 dan kelas kontrol 8,208. Analisis uji normalitas menunjukkan kedua sampel berdistribusi normal, dimana L
hit <L tab yaitu kelas eksperimen 0,347 dan
kelas kontrol 0,429 dengan Ltab 0.886. Hasil uji homogenitas menunjukkan sampel memiliki varian yang homogen dimana F
hit<Ftab yaitu 1,1062<2,069. Hasil uji tmenunjukkan T
hit >Ttab yaitu 2,419>2,068 sehingga dapat dinyatakan H 1
diterima sedangkan H 0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar sejarah Indonesia siswa kelas XI SMAN 3 Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 09:31 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 09:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5801 |