Kontribusi Pengembangan Diri Guru dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru SD Negeri di Kecamatan IV Jurai

Rajab, Muldifia (2011) Kontribusi Pengembangan Diri Guru dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru SD Negeri di Kecamatan IV Jurai. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_MULDIFIA_RAJAB_51355_2996_2012.pdf] Text
B1_1_MULDIFIA_RAJAB_51355_2996_2012.pdf

Download (159kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan kasat mata di lapangan ditemukan bahwa guru
kurang bergairah dalam melaksanakan tugasnya. Hal tersebut diduga karena
adanya faktor kekurangpuasan guru. Kurang puasnya guru di duga karena
dipengaruhi faktor Pengembangan diri guru dan Supervisi kepala sekolah. Jika
kondisi ini dibiarkan, dikawatirkan akan berpengaruh terhadap peningkatan mutu
pendidikan di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar kontribusi
Pengembangan diri guru dan Supervisi kepala sekolah terhadap kepuasan kerja
guru SD Negeri di Kecamatan IV Jurai. Terdapat tiga hipotesis yang diajukan
dalam penelitian ini yaitu Pengembangan diri guru berkontribusi terhadap
kepuasan kerja guru, Supervisi Kepala Sekolah berkontribusi terhadap kepuasan
kerja guru, Pengembangan diri guru dan Supervisi kepala sekolah berkontribusi
terhadap kepuasan kerja guru
Metoda penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional
dengan populasi guru SD Negeri di Kecamatan IV Jurai sebanyak 321 dan sampel
penelitian sebanyak 123 orang yang diambil menggunakan teknik stratified
Proportional Random Sampling dengan mempertimbangkan masa kerja dan strata
pendidikan. Instrumen yang digunakan adalah angket yang sudah diuji kehandalan
dan kesahihannya dengann program Monas Versi 12 (c) 2009. Data tersebut
kemudian dianalisis menggunakan teknik korelasi dan regresi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Pengembangan diri guru
berkontribusi signifikan terhadap kepuasan kerja guru sebesar 14,3 % (2)
Supervisi Kepala Sekolah berkontribusi signifikan terhadap kepuasan kerja guru
sebesar 8,1% (3) Pengembangan diri guru dan Supervisi kepala sekolah secara
bersama-sama berkontribusi signifikan terhadap kepuasan kerja guru sebesar
19,5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis dapat diterima secara
empiris. Hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa Pengembangan diri guru dan
Supervisi kepala sekolah merupakan dua faktor yang berkontribusi terhadap
kepuasan kerja guru. Oleh karena itu diharapkan kepada pihak-pihak terkait agar
memperhatikan kedua faktor tersebut agar kepuasan guru dapat meningkat

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 15 Apr 2025 09:32
Last Modified: 15 Apr 2025 09:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5793

Actions (login required)

View Item
View Item