Pengaruh Penggunaan Multimedia Presentasi Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Biologi di Kelas X SMA Negeri 1 Harau

Nilam, Riana (2012) Pengaruh Penggunaan Multimedia Presentasi Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Biologi di Kelas X SMA Negeri 1 Harau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RIANA_NILAM_88380_1605_2012.pdf] Text
B1_3_RIANA_NILAM_88380_1605_2012.pdf

Download (718kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Harau, terlihat proses belajar mengajar kurang optimal. Pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher center), dan masih kurangnya penggunaan media oleh guru. Ini mengakibatkan siswa cenderung pasif, dan kurang termotivasi dalam menerima materi pelajaran dari guru serta kurang memiliki rasa ingin tahu. Hal tesebut berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan multimedia presentasi pada mata pelajaran Biologi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada kelas X SMA Negeri 1 Harau Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model quasy eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Harau, pada tahun ajaran 2011/2012. Teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan purposive sampling, sehingga yang menjadi sampel adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Harau (kelas eksperimen) dan siswa kelas X 5 3 SMA Negeri 1 Harau (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan alat pengumpul data yaitu lembaran soal tes dalam bentuk soal objektif sebanyak 40 butir soal, kemudian data nilai siswa dianalisis dengan uji t. Dari hasil penelitian, kelompok eksperimen yang menggunakan multimedia presentasi nilai rata-ratanya adalah 79,12 dengan standar deviasi ( SD ) 6,98 dan nilai rata-rata kelompok kontrol yang menggunakan media gambar adalah 72,30 dengan standar deviasi (SD) 7,61. Hasil uji t i hitung > t , yaitu 3,96 > 2,000 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia presentasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Harau pada taraf kepercayaan α 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Pembelajaran, Biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 15 Apr 2025 09:31
Last Modified: 15 Apr 2025 09:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5788

Actions (login required)

View Item
View Item