Ardinata, Rian (2015) Perbandingan Keunggulan Antara Media Flash Card dan Aplikasi Multimedia Berbasis Komputer Dalam Pembelajaran Kosakata Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas III SDN 02 Dan 04 Kampung Manggis Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RIAN_ARDINATA_95964_2739_2015.pdf [thumbnail of B1_3_RIAN_ARDINATA_95964_2739_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RIAN_ARDINATA_95964_2739_2015.pdf
Download (5MB)
Abstract
Keberhasilan belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, salah satu faktor inovatif pembelajaran yang tepat yaitu penggunaan media pembelajaran. Pembelajaran Bahasa Inggris sejak dini dengan penggunaan media yang tepat dalam pembelajaran akan dapat menyebabkan hasil belajar yang tinggi pula karena siswa mendapat pengalaman langsung dari pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penggunaan antara media Flash Card dan multimedia berbasis komputer terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa di kelas III SDN 02 dan SDN 04 Kampung Manggis Kota Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk Quasy experimental dengan desain penelitian 2 kelompok eksperimen yang keduanya diberi perlakuan. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas III SDN Komplek Kampung Manggis dengan jumlah siswa 64 siswa. Sebagai sampel penelitian dipilih 2 kelas dengan jumlah 41 siswa dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh berdasarkan tes hasil belajar, kemudian data tersebut di analisis dengan menggunakan t-tes. Dari hasil penelitian didapat nilai rata-rata siswa kelas flash card 71,09 dan rata-rata nilai kelas multimedia 80.84. Hasil uji t diperoleh t hitung yaitu 2,083 dan t tabel yaitu 2,02. Dengan uji dua pihak dinyatakan t hitung diluar batas penerimaan hipotesis yaitu -2,083<2.02<+2.083 . Dengan demikian, Ho ditolak dan H 1 diterima dengan taraf nyata 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia berpengaruh positif secara signifikan dibanding penggunaan media flash card terhadap hasil belajar kosakata Bahasa Inggris siswa kelas III SDN Kampung Manggis Kota Padang Panjang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia, Komputer, Media, Kosakata |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 07:59 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 07:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5783 |