Serli, Ana (2018) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Generatif dan Gaya Kognitif terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa kelas XI IPS SMAN 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_ANA_SERLI_1301321_4755_2018.pdf [thumbnail of B1_01_ANA_SERLI_1301321_4755_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_ANA_SERLI_1301321_4755_2018.pdf
Download (4MB)
Abstract
Pemahaman konsep matematis adalah salah satu tujuan penting dalam pembelajaran matematika Namun nyatanya pemahaman konsep matematis siswa SMAN 8 Padang masih rendah, sehingga perlu ditingkatkan. Alternatif yang dapat dijadikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran generatif. Pembelajaran generatif pengetahuan baru yang dimiliki siswa melalui peran aktifnya dalam pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa yang pembelajarannya menerapkanpembelajaran generatif lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas XI IPS SMAN 8 Padang.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian static group desain. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMAN 8 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018. Penarikan sampel dilakukan secara acak sederhana dengan kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes akhir yang dianalisis menggunakan uji statistik yaitu uji t.
Berdasarkan analisis uji statistik diperoleh pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran generatif lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, dan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan gaya kognitif FI dan FD yang belajar menggunakan pembelajaran generatif lebih baik daripada yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas XI IPS SMAN 8 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya kognitif - Pembelajaran generatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 09:31 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 09:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5781 |