Hubungan Persepsi Siswa tentang Metode Resitasi dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMP Negeri 29 Padang

Anisyah, Ria Nofri (2012) Hubungan Persepsi Siswa tentang Metode Resitasi dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMP Negeri 29 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RIA_NOFRI_ANISYAH_88323_1925_2012.pdf] Text
B1_3_RIA_NOFRI_ANISYAH_88323_1925_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan pembelajaran yang diharapkan, guru harus pandai memilih metode yang tepat sesuai dengan kebutuhan siswa, supaya siswa merasa senang serta termotivasi untuk belajar dan mendapatkan hasil belajar yang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) seberapa besar hubungan persepsi siswa tentang metode resitasi dengan hasil belajar siswa. (2) seberapa besar hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. (3) seberapa besar hubungan persepsi siswa tentang metode resitasi dan motivasi belajar dengan hasil belajar. Tujuan penelitian adalah untuk mengungkapkan seberapa besar (1) hubungan persepsi siswa tentang metode resitasi dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 29 Padang (2) hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 29 Padang (3) hubungan persepsi siswa tentang metode resitasi dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 29 Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 29 Padang pada siswa kelas IX, dengan populasi berjumlah 208 siswa, dan menjadi sampelnya berjumlah 67 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan format dokumenter guna mendapatkan mutu hasil belajar yaitu nilai mid semester 1 tahun ajaran 2011/2012 pada mata pelajaran TIK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hubungan persepsi siswa tentang metode resitasi dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 29 Padang terdapat hubungan yang signifikan, hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji-t didapat t hitung sebesar 2,119, sedangkan t tabel sebesar 1,997. Dengan df = n-2 pada taraf signifikansi 0,025 dengan ketentuan t hitung > t tabel , dengan R 2 (R Square) sebesar 0,0608 (2) hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 29 Padang terdapat hubungan yang signifikan, hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji-t didapat t hitung sebesar 2,855, sedangkan t tabel sebesar 1,997. Dengan df = n-2 pada taraf signifikansi 0,025 dengan ketentuan t hitung > t tabel , dengan R 2 (R Square) sebesar 0,1014 (3) hubungan persepsi siswa tentang metode resitasi dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 29 Padang terdapat hubungan yang signifikan, hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji-F didapat F hitung sebesar 8,438, sedangkan F tabel sebesar 3,140. Dengan df1 = jumlah variabel-1 dan df2 = (n-k-1) pada taraf signifikan 0,05 dengan ketentuan F hitung > F tabel , dengan R 2 (R Square) sebesar 0,4309. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa ada hubungan bagaimana persepsi siswa tentang metode resitasi dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 29 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, TIK, Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 15 Apr 2025 07:58
Last Modified: 15 Apr 2025 07:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5773

Actions (login required)

View Item
View Item