Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontektual dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 006 Buluh Rampai Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu

Mujiyati, Mujiyati (2012) Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontektual dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 006 Buluh Rampai Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_MUJIYATI_20213_5563_2012.pdf] Text
B1_1_MUJIYATI_20213_5563_2012.pdf

Download (270kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) pengaruh strategi
pembelajaran kontektual dan motivasi terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas
IVSDN 006 Buluh Rampai: (2) pengaruh strategi pembelajaran kontekstual yang
bermotivasi tinggi terhadap hasil belajar IPA SDN 006 Buluh Rampai; (3)
pengaruh strategi pembelajaran kontekstual yang bermotivasi rendah terhadap
hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 006 Buluh Rampai; (4) interaksi strategi
pembelajaran kontekstual dan motivasi terhadap hasil belajar siswa.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD yang berada di
Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu. Sampel penelitian dipilih dengan
teknik pengambilan sampel Purposif Rondom Sampling. Dari pemilihan diperoleh
kelas IVa SD Negeri 006 Buluh Rampai sebagai kelas eksperimen, kelas IV b
sebasgai kelas kontrol. Penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain
penelitian treatment by block design 2 x 2, dan diselenggarakan pada semester II
tahun pelajaran 2011/2012. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan
dianalisis dengan uji –t dan Anava.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: hasil belajar siswa yang diajar
dengan pendekatan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari pada hasil belajar
siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional, baik pada
kelompok siswa dengan motivasi tinggi maupun kelompok siswa dengan motivasi
rendah. Penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan
pemahaman siswa terhadap siswaterhadap materi yang telah dipelajari. Hasil
penelitian ini menunjukkan tidak tidak terdapat interaksi antara penggunaan
pendekatan pembelajaran kontekstual dengan motivasi terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPA artinya pendekatan pembelajaran kontekstual dapat
diterima untuk semua kalangan siswa baik dengan motivasi tinggi maupun
motivasi rendah.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 15 Apr 2025 07:57
Last Modified: 15 Apr 2025 07:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5768

Actions (login required)

View Item
View Item