Using the Syntax Surgery in Teaching Reading Narrative Text to Junior High School Students

Adrian, Ria (2012) Using the Syntax Surgery in Teaching Reading Narrative Text to Junior High School Students. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RIA_ADRIAN_83589_5566_2012.pdf] Text
B1_3_RIA_ADRIAN_83589_5566_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keahlian membaca dalam Bahasa Inggris sangat penting dimiliki oleh seseorang karena banyak sumber ilmu pengetahuan tersedia dalam Bahasa Ingggris. Selain itu, Bahasa Inggris yang pada saat ini digunakan oleh hampir seluruh negara di dunia juga dapat dipelajari dengan lebih mudah melalui membaca. Namun, dalam membaca siswa mengalami berbagai masalah, salah satunya ialah siswa yang kurang memahami susunan kalimat dari Bahasa Inggris yang berbeda dengan susunan kalimat pada Bahasa Indonesia. Strategi “ syntax surgery” atau bedah kalimat dapat digunakan untuk mengatasi ini. Di dalam “syntax surgery” kita memotong kalimat yang sulit dipahami menjadi beberapa bagian kemudian menyusunnya kembali menjadi bagian-bagian yang mudah dipahami. Syntax surgery ini ampuh dalam menanggulangi masalah membaca pada anak karena siswa dapat menyaksikan secara visual hubungan antara klausa dalam kalimat kompleks. Proses ini akan membuat siswa lebih memahami dan mengingat aturan kalimat bahasa inggris. Selain itu, manfaat lain ialah siswa bisa lebih percaya diri dalam menggunakan bahasa inggris. Di dalam paper ini terdapat langkah-langkah yang dapat dipedomani dalam menerapkan strategi ini di kelas membaca pada mata pelajaran Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Reading, Syntax Surgery
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 15 Apr 2025 07:56
Last Modified: 15 Apr 2025 07:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5759

Actions (login required)

View Item
View Item