An Analysis of English Teachers’ and Students’ Perception on the Use of the Indonesian Language in the English Instructional Activities at the Eleventh Grade of SMA N 1 Padang

Putri, Rezi Eka (2013) An Analysis of English Teachers’ and Students’ Perception on the Use of the Indonesian Language in the English Instructional Activities at the Eleventh Grade of SMA N 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_REZI_EKA_PUTRI_04637_6551_2013.pdf] Text
B1_3_REZI_EKA_PUTRI_04637_6551_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru bidang studi bahasa Inggris dan siswa kelas XI SMA N 1 Padang terhadap penggunaan bahasa Indonesia dalam kegiatan pengajaran bahasa Inggris. Jenis penelitian ini adalah peneltian deskriptif, yaitu penelitian yang menggambarkan dan mengolah data yang diperoleh dari keadaan yang sebenarnya. Penelitian ini difokuskan pada persepsi peggunaan bahasa Indonesia pada proses pembelajaran bahasa Inggris di kelas XI SMA N 1 Padang. Instrument yang digunakan adalah angket dan checlist format untuk observasi langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) guru beranggapan bahwa penggunaan bahasa Indonesia akan menghambat pembelajaran bahasa Inggris, 2) siswa beranggapan bahwa bahasa Indonesia sangat membantu mereka untuk lebih memahami pelajaran dan instruksi guru, 3) guru menggunakan bahasa Indonesia di kelas untuk beberapa alasan antara lain menjelaskan konsep grammar, menjelaskan makna kata dan kalimat sulit, memberi instruksi, dan melontarkan pertanyaan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teachers’ Perception, Students’ Perception, First Language, Instructional Activities
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 15 Apr 2025 07:55
Last Modified: 15 Apr 2025 07:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5754

Actions (login required)

View Item
View Item