Peran Kepala Sekolah dalam Pembinaan Kompetensi Profesional Guru di SMKS Ekatama Pekanbaru

Indrayeni, Dewi (2021) Peran Kepala Sekolah dalam Pembinaan Kompetensi Profesional Guru di SMKS Ekatama Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_DEWI_INDRAYENI_1210049_348_2021.pdf] Text
B1_1_DEWI_INDRAYENI_1210049_348_2021.pdf

Download (413kB)

Abstract

Pelaksanaan peran kepala sekolah dalam pembinaan kompetensi
professional guru di SMKS Ekatama Pekanbaru memiliki factor penghambat
seperti kepala sekolah lebih fokus pada bimbingan bahan ajar terhadap guru
guru di sekolah atas dasar kemampuan keuangan sekolah sehingga menjadikan
sekolah tidak berkembang meskipun posisi sekolah yang letaknya sangat
strategis ditengah keramaian penduduk dan sarana publik yanglainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu penunjang dan penghambat
pelaksanaan peran kepala sekolah dalam pembinaan kompetensi profesional
guru di SMKS Ekatama Pekanbaru.Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif dan pendekatannya kualitatif.Teknik pengumpulan data penelitian
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisa keabsahan
data dilakukan dengan triangulasi.Teknik analisis datanya dengan menggunakan
tahapan
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikankesimpulan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis mengenai peran kepala
sekolah
dalam pembinaan kompetensi profesional guru di SMKS
EkatamaPekanbaru terdapat kekurangan yaknikepala sekolah belum maksimal
dalam pembinaan kompetensi profesional guru karena tidak adaya peningkatan
jumlah guru dan peserta didik pertahunnya serta belum tersedianya sarana dan
prasarana yang medukung, dan mengenaifaktor penunjang yang dilakukan oleh
kepala sekolah SMKS EkatamaPekanbaru yakni hanya pemberian pelatihan,
seminar, bimbingan perangkat pengajar dan bahan ajar kurikulum 2013 dan
KTSP yang wajib dimiliki oleh para guru, selanjutnya faktor penghambat
pelaksanaan peran kepala sekolah SMKS EkatamaPekanbaruyaitu kepala
sekolah lebih fokus pada bimbingan bahan ajar terhadap guru-guru di sekolah
hanya
berdasarkan
kemampuan
keuangan
sekolah.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 15 Apr 2025 06:43
Last Modified: 15 Apr 2025 06:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5751

Actions (login required)

View Item
View Item