Kontribusi Self-Efficacy dan Dukungan Orangtua terhadap Perencanaan Karier Siswa SMK

Putra, Febri Wandha (2019) Kontribusi Self-Efficacy dan Dukungan Orangtua terhadap Perencanaan Karier Siswa SMK. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_FEBRI_WANDHA_PUTRA_16151016_4773_2019.pdf] Text
B1_1_FEBRI_WANDHA_PUTRA_16151016_4773_2019.pdf

Download (709kB)

Abstract

Perencanaan karier adalah upaya yang yang dilakukan oleh individu untuk
mempersiapkan diri memasuki dunia karier. Perencanaan karier dipengaruhi oleh
berbagai faktor diantaranya self-efficacy dan dukungan orangtua. Penelitian ini
bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan self-efficacy, dukungan orangtua, dan
perencanaan karier, (2) menguji kontribusi self-efficacy terhadap perencanaan
karier, (3) menguji kontribusi dukungan orangtua terhadap perencanaan karier, (4)
menguji kontribusi self-efficacy dan dukungan orangtua secara bersama-sama
terhadap perencanaan karier.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif
korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Penerbangan
Angkasa Nasional (SPAN) Padang kelas XI dan kelas XII yang berjumlah 156
orang siswa. Sampel berjumlah 112 orang siswa yang dipilih dengan
menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan
berupa kuesioner tentang perencanaan karier, self-efficacy, dan dukungan
orangtua yang menggunakan model skala Likert. Data dianalisis dengan statistik
deskriptif untuk melihat gambaran variabel self-efficacy, dukungan orangtua, dan
perencanaan karier. Selanjutnya regresi sederhana digunakan untuk mengetahui
kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat, dan regeresi ganda untuk
mengetahui kontibusi self-efficacy dan dukungan orangtua secara bersama-sama
terhadap perencanaan karier.
Hasil penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan bahwa : (1) secara ratarata
self-efficacy siswa berada pada kategori tinggi, dukungan orangtua berada
pada kategori sangat bagus serta perencanaan karier siswa berada pada kategori
bagus (2) self-efficacy berkontribusi terhadap perencanaan karier 31,9%, (3)
dukungan orangtua berkontribusi terhadap perencanaan karier sebesar 26,1%, (4)
self-efficacy dan dukungan orangtua secara bersama-sama berkontribusi terhadap
perencanaan karier sebesar 40,9%. Implikasi dari penelitian ini dapat dijadikan
sebagai masukan untuk mengarahkan Guru BK/Konselor dalam memberikan
pelayanan bimbingan dan konseling terutama dalam peminatan dan perencanaan
individual.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: SELF-EFFICACY, DUKUNGAN ORANGTUA, PERENCANAAN KARIER
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 15 Apr 2025 06:20
Last Modified: 15 Apr 2025 06:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5746

Actions (login required)

View Item
View Item