Kontribusi Motivasi Berprestasi dan Kepemimpinan Kharismatik Terhadap Tanggung Jawab Guru SD Negeri di Kecamatan Kupitan Kabupaten Sijunjung

Hamid, Fauzan (2014) Kontribusi Motivasi Berprestasi dan Kepemimpinan Kharismatik Terhadap Tanggung Jawab Guru SD Negeri di Kecamatan Kupitan Kabupaten Sijunjung. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_FAUZAN_HAMID_1103549_69_2015mslh.pdf] Text
B1_1_FAUZAN_HAMID_1103549_69_2015mslh.pdf

Download (164kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan dilapangan, Tanggung Jawab Guru masih sangat
rendah di SD Negeri di Kecamatan Kupitan Kabupaten Sijunjung. Peneliti
menduga faktor motivasi berprestasi dan kepemimpinan kharismatik yang
mempengaruhinya, oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk menguji
kebenarannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan : 1) kontribusi motivasi
berprestasi terhadap tanggung jawab guru SD Negeri di Kecamatan Kupitan
Kabupaten Sijunjung; 2) kontribusi kepemimpinan kharismatik terhadap tanggung
jawab guru SD Negeri di Kecamatan Kupitan Kabupaten Sijunjung; dan 3)
kontribusi motivasi berprestasi dan kepemimpinan kharismatik secara bersamasama
terhadap tanggung jawab guru SD Negeri di Kecamatan Kupitan Kabupaten
Sijunjung. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah: 1) Terdapat kontribusi
antara motivasi berprestasi dan tanggung jawab guru, 2) Terdapat kontribusi
antara kepemimpinan kharismatik dan tanggung jawab guru, 3) Terdapat
kontribusi antara motivasi berprestasi dan kepemimpinan kharismatik terhadap
tanggung jawab guru.
Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri di Kecamatan
Kupitan Kabupaten Sijunjung berdasarkan data Dinas UPT TK/SD Kecamatan
Kupitan Kabupaten Sijunjung yang berjumlah 174 orang. Sampel penelitian
berjumlah 64 orang yang dipilih dengan menggunakan rumus Slovin. Data
penelitian dikumpulkan dengan angket model skala Likert yang telah diuji
kesahihan dan kehandalannya. Data dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Motivasi berprestasi memberikan
kontribusi yang berarti terhadap Tanggung jawab guru sebesar 9,3%; 2)
Kepemimpinan kharismatik memberikan kontribusi yang berarti terhadap
Tanggung jawab guru sebesar 17,8%; 3) Motivasi berprestasi dan Kepemimpinan
kharismatik secara bersama-sama memberikan kontribusi yang berarti terhadap
Tanggung jawab guru sebesar 23,0%. Berdasarkan hasil analisis deskriptif terlihat
bahwa Tanggung Jawab Guru, dan kepemimpinan kharismatik berada pada
kategori baik sedangkan variabel motivasi berprestasi berada pada kategori cukup

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 15 Apr 2025 06:19
Last Modified: 15 Apr 2025 06:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5741

Actions (login required)

View Item
View Item