Ismanto, Femypadillah (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Praktikum Inkuiri Untuk Mata Pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik di SMKN 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_FEMYPADILLAH_ISMANTO_5511_2015.pdf [thumbnail of B1_03_FEMYPADILLAH_ISMANTO_5511_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_FEMYPADILLAH_ISMANTO_5511_2015.pdf
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan siswa dalam menguasai konsep Menganalisis Rangkaian Listrik (MRL) di SMKN 1 Padang. Selama ini model pembelajaran yang digunakan cenderung dalam bentuk penjelasan konsep secara keseluruhan tanpa mengajak siswa berfikir dengan permasalahan secara nyata dan kegiatan praktikum bersifat verfikasi bukan penemuan konsep pembelajaran melalui inkuiri. Perangkat pembelajaran yang digunakan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tidak menjelaskan dengan rinci bagaimana langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan dan proses penilaian ranah kognitif, afektif, dan psikomotor serta belum terdapat Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis praktikum inkuiri yang valid, praktis, dan efektif pada mata pelajaran MRL dengan materi Rangkaian Kemagnetan di SMKN 1 Padang yang terdiri dari RPP dan LKS. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop, dan desseminate. Tahap desseminate tidak dilaksanakan karena keterbatasan waktu, tenaga dan biaya. Responden penelitian ini adalah siswa kelas X TDTL-B SMKN 1 Padang yang terdiri dari 29 orang siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi yang diberikan kepada 3 orang validator terdiri dari 2 orang dosen ahli dan 1 orang guru mata pelajaran, angket praktikalitas yang diberikan kepada guru dan siswa, tes penguasaan konsep (pengetahuan) dan penilaian proses pembelajaran setelah penerapan perangkat pembelajaran berbasis praktikum inkuiri. Data yang diperoleh di analisis menggunakan statistik sederhana dengan kategori masing-masing. Dari hasil analisis data didapatkan kesimpulan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dikategorikan valid dengan tingkat kevalidan RPP dan LKS adalah 85.42% dan 87.50%. Perangkat Pembelajaran yang dikembangkan dikategorikan praktis dengan tingkat kepraktisan dari guru dan siswa adalah 80% dan 86.03%. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kompetensi siswa dengan ketuntasan klasikal untuk kompetensi kognitif, afektif, dan psikomotor adalah 89.66%, 100%, dan 100%. Dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis praktikum inkuiri yang dikembangkan merupakan perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perangkat pembelajaran berbasis praktikum inkuiri, valid, praktis, efektif |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 06:18 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 06:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5737 |