Peningkatan Aktivitas dan Hasil belajar IPA Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses di kelas III SD Pembangunan Universitas Negeri Padang

Fatmawati, Fatmawati (2011) Peningkatan Aktivitas dan Hasil belajar IPA Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses di kelas III SD Pembangunan Universitas Negeri Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_FATMAWATI_91497_5450_2012.pdf] Text
B1_1_FATMAWATI_91497_5450_2012.pdf

Download (147kB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di kelas III Sekolah Dasar (SD)
Pembangunan UNP Padang terlihat bahwa pembelajaran ilmu pengetahuan alam
(IPA), yang disajikan guru kurang membuat siswa aktif dan kreatif dalam
mewujudkan hakikat IPA yakni proses produk dan sikap ilmiah, sehingga
pembelajaran cenderung bersifat pasif. Untuk dapat menciptakan pembelajaran
IPA yang menyenangkan salah satu caranya adalah dengan menggunakan
pendekatan keterampilan proses (PKP). Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan PKP.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action
research) yang terdiri dari dua siklus dan dilakukan secara kolaboratif antara
peneliti dan guru kelas III SD Pembangunan UNP. Pendekatan yang digunakan
adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas III dengan jumlah 23 orang yang terdaftar pada semester I
tahun ajaran 2010/2011 dan guru kelas III. Alat pengumpulan data yang
digunakan berupa lembaran observasi untuk melihat aktivitas guru dan siswa
dalam melaksanakan PKP serta tes hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penggunaan
PKP dalam pembelajaran IPA yang terdiri dari keterampilan mengobservasi,
mengklasifikasi, kuantifikasi inferensi dan komunikasi dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar IPA siswa. Aktivitas belajar yang bersifat positif terdiri
dari aktivitas-aktivitas: mengamati, bertanya, berdiskusi, mengeluarkan pendapat,
menyimpulkan dan mengelompokkan objek, bekerja sama, berani tampil untuk
melaporkan hasil kerjanya. Mengalami peningkatan dari persentase rata-rata 64,74
pada siklus I menjadi 86,92 pada siklus II. Selanjutnya aktivitas negatif
mengalami penurunan persentase rata-rata dari 39,13 pada siklus I menjadi 13,60
pada siklus II. Adapun untuk hasil belajar rata-rata mengalami peningkatan dari
64,78 pada siklus I meningkat menjadi 80,84 pada siklus II. Berdasarkan hasil
tersebut dapat dilihat bahwa baik dari aktivitas siswa maupun hasil belajar siswa
pada akhir pertemuan 2 telah melebihi nilai ketuntasan minimal (> 75%), berarti
penggunaan pendekatan keterampilan proses telah berhasil meningkatkan
aktivitas maupun hasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 15 Apr 2025 06:18
Last Modified: 15 Apr 2025 06:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5736

Actions (login required)

View Item
View Item