Harahap, Muhammad Yusuf (2012) Kontribusi Kompetensi Pedagogik dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kota Padangsidimpuan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_MUHAMMAD_YUSUF_HARAHAP_19067_5871_2012.pdf [thumbnail of B1_1_MUHAMMAD_YUSUF_HARAHAP_19067_5871_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_MUHAMMAD_YUSUF_HARAHAP_19067_5871_2012.pdf
Download (416kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan di SMK Negeri Kota Padangsidimpuan, terlihat
kinerja guru sebagian belum baik, hal ini terlihat dari kecenderungan guru kurang
mampu menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya, kondisi ini dipengaruhi
oleh kompetensi pedagogik dan iklim sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengungkapkan 1) kontribusi kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru SMK
Negeri di Kota Padangsidimpuan, 2) kontribusi iklim sekolah terhadap kinerja
guru SMK Negeri di Kota Padangsidimpuan, 3) kontribusi kompetensi pedagogik
dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMK Negeri di
Kota Padangsidimpuan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMK Negeri di Kota
Padangsidimpuan sebanyak 260 orang guru yang berstatus PNS, teknik
pengambilan sampel stratified proporsional random sampling yaitu sebanyak 71
orang guru. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Data yang
terkumpul itu kemudian dianalisis secara statistik dengan menggunakan analisis
korelasi dan regresi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Secara bersama sama (simultan)
kompetensi pedagogik dan iklim sekolah berkontribusi terhadap kinerja guru
SMK Negeri di Kota Padangsidimpuan sebesar 49,80% dan sisanya 50,20%
ditentukan oleh variabel lain, 2) Kontribusi kompetensi pedagogik terhadap
kinerja guru SMK Negeri di Kota Padangsidimpuan sebesar 40,30%,
3) kontribusi iklim sekolah terhadap kinerja guru SMK Negeri di Kota
Padangsidimpuan sebesar 29,70%, 4) Jika variabel iklim sekolah dikontrol, maka
variabel kompetensi pedagogik berkontribusi sebesar 26,30% terhadap kinerja
guru SMK Negeri di Kota Padangsidimpuan. Jika variabel kompetensi pedagogik
dikontrol, maka variabel iklim sekolah memberikan kontribusi sebesar 18,10%
terhadap kinerja guru SMK Negeri di Kota Padangsidimpuan. Berdasarkan
kesimpulan dan implikasi, disarankan agar dalam upaya meningkatkan kinerja
guru, maka guru harus mampu meningkatkan kompetensi pedagogik dan iklim
sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 06:16 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 06:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5726 |