Yuliani, Riska (2013) Types of Illocutionary Act Used in Slogan of Home Appliance Advertisement. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_RISKA_YULIANI_04756_5770_2013.pdf [thumbnail of B1_4_RISKA_YULIANI_04756_5770_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_RISKA_YULIANI_04756_5770_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini menganalisa jenis-jenis tindak tutur ilokusi yangterdapat pada slogan iklan peralatan rumah tangga. Bahasa iklan tidaklah samadengan bahasa yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam makalahini penulis menggunakan teori yang dikemukakan oleh Yule dalammengidentifikasi dan menganalisis jenis-jenis tindak tutur ilokusi yang digunakandi dalam slogan peralatan rumah tangga. Penulis mengumpulkan data sebanyak150 slogan iklan peralatan rumah tangga dari iklan di televisi, majalah danbilboard. Sebanyak 31 data dari iklan televisi, 60 data dari majalah dan 14 datadari bilboard. Dari hasil analisis slogan peralatan rumah tangga di iklan TV,majalah dan bilboard penulis menyimpulkan bahwa tipe tindak tutur ilokusi yangpaling banyak digunakan adalah representatif, karena dalam slogan iklan peralatanrumah tangga penutur lebih sering menyatakan informasi dan menjelaskankebenaran produk.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ILLOCUTIONARY ACT, SLOGAN |
Subjects: | P Language and Literature > PE English P Language and Literature > PQ Romance literatures P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Inggris-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 06:15 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 06:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5724 |