Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah Dengan Menggunakan Kartu Flash pada Kelas ࢄૠ SMA N 1 Basa Ampek Balai Pesisir Selatan

Susanti, Elfi (2012) Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah Dengan Menggunakan Kartu Flash pada Kelas ࢄૠ SMA N 1 Basa Ampek Balai Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_ELFI_SUSANTI_89188_2946_2012.pdf] Text
B1_2_ELFI_SUSANTI_89188_2946_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran sejarah di kelas ܺ଻ SMA N 1 Basa Ampek Balai, yang ditandai oleh rendahnya aktivitas membaca, mencatat, bertanya, menjawab dan mendengar. Guna mengatasi masalah di atas perlu diusahakan model pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk aktif dengan menggunakan Kartu Flash. Rumusan masalah penelitian ini yaitu berapa peningkatan aktivitas siswa belajar sejarah dengan menggunakan Kartu Flash pada kelas ܺ଻ SMA N 1Basa Ampek Balai. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Satu siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari 4 kegiatan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan berupa aktivitas belajar siswa, sedangkan data penelitian dikumpulkan dengan format observasi dengan memberi tanda ceklis, guna menandai aktivitas siswa dalam pembelajaran sesuai dengan indikator di atas. Teknis analisa data menggunakan teknik statistik deskriptif persentase dengan rumus P= (f / N) x 100. Subjek penelitian adalah kelas ܺ଻ SMA N 1 Basa Ampek Balai tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 39 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa. Hal itu tampak dari 9 indikator, hanya 2 indikator yang belum meningkat pada siklus pertama. Rata-rata persentase pada siklus pertama 58,24 % dan pada siklus kedua, rata- rata meningkat menjadi 74,0 %. Berarti telah terjadi peningkatan sebesar 15,76 %. Aktivitas yang belum terlaksana kategori baik dan baik sekali pada siklus pertama yaitu menjawab pertanyaan guru dan menjawab pertanyaan teman Sedangkan pada siklus kedua masing-masing indikator telah terlaksana dalam kategori baik dan baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Kartu Flash dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah di kelas ܺ଻ SMA N 1 Basa Ampek Balai Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: AKTIVITAS BELAJAR SISWA, KARTU FLASH
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 15 Apr 2025 06:15
Last Modified: 15 Apr 2025 06:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5723

Actions (login required)

View Item
View Item