Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Air Hangat Kabupaten Kerinci Ditinjau dari Supervisi dan Iklim Komunikasi

Yani, Muhammad (2010) Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Air Hangat Kabupaten Kerinci Ditinjau dari Supervisi dan Iklim Komunikasi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_MUHAMMAD_YANI_10581_3694_2012.pdf] Text
B1_1_MUHAMMAD_YANI_10581_3694_2012.pdf

Download (155kB)

Abstract

Kinerja Guru merupakan salah satu faktor yang ikut menentukan
dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran di sekolah.
Berdasarkan survei awal terhadap beberapa guru pada SMP Negeri di
Kecamatan Air Hangat Kabupaten Kerinci, terindikasi memiliki kinerja yang
rendah. Fenomena ini diduga berhubungan erat dengan faktor supervisi dan
iklim komunikasi yang belum efektif. Penelitian ini dimaksudkan untuk
mengungkapkan besarnya kontribusi supervisi dan iklim komunikasi
terhadap kinerja guru pada SMP Negeri di Kecamatan Air Hangat
Kabupaten Kerinci, Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah: (1)
Supervisi berkontribusi terhadap kinerja guru, (2) Iklim komunikasi
berkontribusi terhadap kinerja guru, (3) Supervisi dan iklim komunikasi
secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja guru.
Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri di Kecamatan
Air Hangat Kabupaten Kerinci yang berstatus pegawai negeri sipil dan aktif
mengajar, sebanyak 114 orang. Sampel penelitian sebanyak 73 orang yang
diambil dengan teknik Stratified proportional random sampling, dengan
penetapan jenjang pendidikan dan masa kerja sebagai srata populasinya. .
Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket model
skala Likert, yang telah teruji vailiditas dan reliabilitas. Untuk menguji
hipotesis digunakan analisis korelasi dan regresi.
Hasil pengujian hipotesis memperlihatkan bahwa ke tiga hipotesis
yang diajukan dapat diterima, yaitu supervisi berkontribusi dan iklim
komunikasi baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama berkonstribusi
terhadap kinerja guru. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa variabel
supervisi berkontribusi sebesar 22,40% terhadap kinerja guru, variabel iklim
komunikasi memberikan kontribusi sebesar 9,5 % terhadap kinerja guru.
Secara bersama-sama kedua variabel berkonstribusi sebesar 27 % terhadap
kinerja guru. Disimpulkan bahwa kedua variabel bebas memiliki peranan
penting dan berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja guru di samping
faktor-faktor lain yang tidak dibicarakan dalam penelitian ini. Dengan kata
lain kinerja guru dapat ditingkatkan melalui peningkatan supervisi dan iklim
komunikasi. Dari temuan penelitian ini disarankan kepada Kepala SMP
Negeri di Kecamatan Air Hangat Kabupaten Kerinci dan semua pihak yang
terlibat untuk memperhatikan kedua faktor yaitu supervisi dan iklim
komunikasi dalam meningkatkan kinerja guru

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 15 Apr 2025 06:15
Last Modified: 15 Apr 2025 06:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5719

Actions (login required)

View Item
View Item