Kontribusi Motivasi kerja dan Pengetahuan Guru tentang KTSP terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sungaipua Kabupaten Agam

Syawal, Muhammad (2010) Kontribusi Motivasi kerja dan Pengetahuan Guru tentang KTSP terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sungaipua Kabupaten Agam. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_MUHAMMAD_SYAWAL_10650_3136_2012.pdf] Text
B1_1_MUHAMMAD_SYAWAL_10650_3136_2012.pdf

Download (222kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal yang peneliti lakukan, terindikasi kinerja guru
sekolah dasar negeri di Kecamatan Sungaipua Kabupaten Agam cenderung masih
rendah. Apabila hal ini terus berlangsung, dikhawatirkan akan mengakibatkan
rendahnya mutu pendidikan. Fenomena ini diduga disebabkan oleh beberapa faktor,
antara lain kurangnya motivasi kerja guru dan kurang baiknya pengetahuan guru
tentang KTSP. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk menguji
kebenarannya.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkapkan kontribusi kedua faktor
tersebut terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Sungaipua
Kabupaten Agam. Hipotesis penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: pertama,
motivasi kerja berkontribusi terhadap kinerja guru; kedua, pengetahuan guru tentang
KTSP berkontribusi terhadap kinerja guru; dan ketiga, motivasi kerja dan
pengetahuan guru tentang KTSP bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja guru
sekolah dasar negeri di Kecamatan Sungaipua Kabupaten Agam.
Populasi penelitian ini adalah guru-guru sekolah dasar negeri di Kecamatan
Sungaipua Kabupaten Agam yang berjumlah 130 orang. Sampel sebanyak 77 orang
ditetapkan dari populasi dengan menggunakan teknik stratified proportional random
sampling dengan mempertimbangkan strata tingkat pendidikan dan masa kerja.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner model skala Likert
yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan soal.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa ketiga hipotesis yang diajukan
diterima, yaitu motivasi kerja dan pengetahuan guru tentang KTSP baik secara
parsial maupun bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja guru sekolah dasar
negeri di Kecamatan Sungaipua Kabupaten Agam. Temuan penelitian ini
menunjukkan bahwa motivasi kerja berkontribusi sebesar 31,3% terhadap kinerja
guru. Pengetahuan guru tentang KTSP berkontribusi sebesar 12,1% terhadap kinerja
guru. Secara bersama-sama motivasi kerja dan pengetahuan guru tentang KTSP
berkontribusi sebesar 37,4% terhadap kinerja guru. Ditemukan pula bahwa kinerja
guru-guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Sungaipua Kabupaten Agam termasuk
kategori cukup, motivasi kerja guru termasuk kategori baik dan pengetahuan guru
tentang KTSP berada pada kategori kurang.
Kedua variable bebas tersebut memiliki peranan penting dan secara empiris
turut berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja guru. Peningkatan kinerja guru
dapat dilakukan dengan meningkatkan motivasi kerja serta meningkatkan
pengetahuan guru tentang KTSP tanpa mengabaikan faktor-faktor lain yang tidak
dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 15 Apr 2025 06:14
Last Modified: 15 Apr 2025 06:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5716

Actions (login required)

View Item
View Item