Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Media Powerpoint dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X IPS 1 SMAN 1 Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu

Junianthy, Dewi (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Media Powerpoint dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X IPS 1 SMAN 1 Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_DEWI_JUNIANTHY_1209111_5519_2015.pdf] Text
B1_1_DEWI_JUNIANTHY_1209111_5519_2015.pdf

Download (377kB)

Abstract

Pemahaman konsep matematika dalam proses belajar mengajar sangat
mempengaruhi sikap, keputusan dan cara-cara memecahkan masalah matematika.
Pembelajaran matematika yang terjadi pada SMAN 1 Rambah Samo masih
menggunakan pendekatan yang berpusat pada guru dimana cara guru matematika
mengajar selama ini masih terlalu menekankan pada penguasaan informasi/
konsep-konsep saja, sehingga dalam proses pembelajaran peserta didik tidak
mampu dalam memecahkan masalah matematika. Hasil belajar matematika siswa
masih rendah karena kemampuan memecahkan masalah-masalah matematika
siswa masih rendah. Salah satu upaya yang relevan untuk menyelesaikan
permasalahan dalam proses belajar matematika tersebut adalah melakukan
penelitian dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah
menggunakan media powerpoint dengan tetap memperhatikan pengetahuan awal
siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran
berbasis masalah menggunakan media powerpoint dan pengetahuan awal terhadap
peningkatan hasil belajar matematika X IPS 1 SMAN 1 Rambah Samo, yaitu (1)
secara menyeluruh, (2) berdasarkan pengetahuan awal tinggi, (3) berdasarkan
pengetahuan awal rendah, dan (4) untuk melihat interaksi antara model
pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar matematika siswa kelas
X IPS 1 SMAN 1 Rambah Samo.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Populasi pada penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X IPS SMAN 1 Rambah Samo Tahun Pelajaran
2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 SMAN 1
Rambah Samo sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPS 3 SMAN 1
Rambah Samo sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari hasil tes
pengetahuan awal sebelum tindakan dan tes hasil belajar setelah tindakan.
Analisis data dilakukan dengan uji- t dan uji anava dua jalur.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh beberapa
kesimpulan, yaitu: hasil belajar matematika siswa yang belajar melalui model
pembelajaran berbasis masalah menggunakan media powerpoint lebih tinggi dari
pada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung
menggunakan media powerpoint, baik secara keseluruhan maupun untuk siswa
pengetahuan awal tinggi dan pengetahuan awal rendah. Namun untuk interaksi
antara model pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar pada
penelitian diperoleh tidak terdapat interaksi antara penggunaan model
pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 15 Apr 2025 04:02
Last Modified: 15 Apr 2025 04:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5700

Actions (login required)

View Item
View Item