Jeprimansyah, Jeprimansyah (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Produksi pada Mata Kuliah Multimedia di Perguruan Tinggi. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_08_JEPRIMANSYAH_15193015_1731_2021.pdf [thumbnail of B1_08_JEPRIMANSYAH_15193015_1731_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_08_JEPRIMANSYAH_15193015_1731_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat,
berbagai perubahan dalam masyarakat yang semakin terbuka dan memiliki
kompetensi yang tinggi, menuntut adanya peningkatan kualitas pendidikan.
Kenyataan ini memerlukan kesiapan SDM yang mampu berkompetensi dalam
masyarakat global. Pengembangan program pendidikan dengan standar mutu
bertaraf global menjadi suatu kebutuhan yang tidak bisa terelakkan, inovasi dalam
pembelajaran yang relevan sangat dibutuhkan agar lulusan dapat berpartisipasi
dalam pertubuhan ekonomi bangsa serta memiliki kemampuan dalam
mempertahankan hidup dimasa depan melalui unsur pembelajaran kewirausahaan
disetiap praktek yang dilakukan mahasiswa. Model pembelajaran saati ini belum
sepenuhnya mampu untuk menghadapi tantangan ini salah satu model
pembelajaran yang ada saat ini adalah model pembelajaran berbasis produk
namun dibutuhkan pembaharuan pada susunan sintaks menyesuaikan kebutuhan
kegiatan wirausaha. Pembuatan rancangan business plan seharusnya dilakukan
lebih awal sebelum melaksanakan proses produksi dan tahapan evaluasi dilakukan
pada akhir proses pembelajaranPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan
pengembangan model pembelajaran berbasis produksi yang memiliki validitas,
praktikalitas dan efektivitas serta menghasilkan sistem pendukung model
pembelajaran berbasis produksi yang memiliki validitas, praktikalitas dan
efektivitas.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development
(R&D) dengan prosedur pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation dan Evaluation), dalam penelitian ini digunakan dua kelas yaitu
kelas control dan kelas eksperimen, instrument yang digunakan dalam penelitian
ini adalah kuisioner untuk menguji uji validitas dan praktikalitas, sedangakan
untuk uji efektifitas digunakan hasil belajar mahasiswa sampel yang digunakan
sebanyak dua puluh mahasiswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan model pembelajaran
berbasis produksi adalah valid, praktis dan efektif. Hasil belajar mahasiswa yang
menggunakan model pembelajaran berbasis produksi lebih baik dibandingkan
dengan mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini
membuktikan bahwa model pembelajaran berbasis produksi berpotensi dalam
meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kuliah Multimedia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 04:02 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 04:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5699 |