Pengembangan Model Case Study-Project Based Learning pada Mata Kuliah Pemrograman Visual Pendidikan Vokasi Diploma III Desain Grafis

Iskandar, Iskandar (2020) Pengembangan Model Case Study-Project Based Learning pada Mata Kuliah Pemrograman Visual Pendidikan Vokasi Diploma III Desain Grafis. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_08_ISKANDAR_15193014_2117_2020.pdf] Text
B1_08_ISKANDAR_15193014_2117_2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan dan analisis kebutuhan (need analysis) yang
dilakukan pada mata kuliah Pemrograman Visual ditemukan masalah bahwa
pembelajaran belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
sebuah Model Case Study-Project Based Learning. Pemrograman Visual pada
Pendidikan Vokasi yang valid, efektif dan praktis.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and
Development), metode dan prosedur pengembangan yang digunakan merujuk
pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and
Evaluation). Teknik analisis menggunanakan uji Aiken‟V, dan validitas
menggunakan uji pakar dan Focus Group Discussion (FGD). Uji kepraktisan
dilakukan penerapan produk ke mahasiswa dalam bentuk angket kepraktisan
produk dan untuk menguji efektifitas produk dengan eksperimen Two-Group
Pretest dan Posttest Design.
Temuan penelitian adalah sebuah Model Case Study-Project Based
Learning Pemrograman Visual Pada Pendidikan Vokasi, yang dilengkapi dengan
buku model, buku bahan ajar, buku pedoman dosen dan buku pedoman
mahasiswa. Model dan sistem pendukung memenuhi kriteria validitas, disusun
berbasis model penelitian dan pengembangan (Research-Based Model) dan layak
digunakan menurut para pakar. Model yang dihasilkan memenuhi kriteria
praktikalitas dengan nilai reliabilitas rata-rata 89,0 menurut dosen dan 71,6
menurut mahasiswa. Hasil uji efektifitas menunjukkan bahwa hasil dari penelitian
pengembangan model Case Study-Project Based Learning menghasilkan tujuh
sintak model yaitu, menentukan Case Study, identifikasi masalah, membuat
proposal proyek, merancang desain proyek, membuat proyek, uji coba produk,
presentasi laporan proyek. Model Case Study-Project Based Learning pada buku
model berada kreteria valid. Model Case Study-Project Based Learning berada
pada buku bahan ajar,buku pedoman dosen, buku pedoman mahasiswa praktis dan
sangat peraktis

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Case Study-Project Based Learning Model Pembelajaran Pemrograman Visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 15 Apr 2025 04:01
Last Modified: 15 Apr 2025 04:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5697

Actions (login required)

View Item
View Item