Irwan, Irwan (2020) Pengembangan Model Instrument Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Musik Band di Sekolah Menengkah Kejuruan Seni Musik. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_08_IRWAN_15169042_4021_2020.pdf [thumbnail of B1_08_IRWAN_15169042_4021_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_08_IRWAN_15169042_4021_2020.pdf
Download (398kB)
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk; (1) menjelaskan langkah-langkah
atau proses pengembangan instrumen penilaian autentik dalam pembelajaran musik band
yang relevan untuk digunakan di SMKN 7 Padang., (2) mengungkapkan validitas dan
reliabilitas model instrumen penilaian autentik pembelajaran musik band yang relevan
untuk digunakan di SMKN 7 Padang, (3) mengungkapkan praktikalitas model instrumen
penilaian autentik pembelajaran musik band yang relevan untuk digunakan di SMKN 7
Padang, dan (4) Menjelaskan efektivitas model instrumen penilaian auntentik
pembelajaran musik band yang relevan untuk digunakan di SMKN 7 Padang. Responden
dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di SMKN 7 Padang.
Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan model instrument
penilaian autentik ini adalah model R & D dalam disain pengembangan model
ADDIE : analysis, design, develop, implement, and evaluation.Data
dikumpulkan melalui Observasi, angket dan tes. Data dianalisis menggunakan
metode kualitatif dan kuantitatif, sehingga diperoleh satu buah produk yang
telah divalidasi oleh para pakar. Kemudian telah diuji validitas, praktikalitas
dan efektivitas pada model instrument penilaian autentik untuk menilai musik
band. Pengolahan data dilakukan dengan mentabulasi hasil kuisioner dan
mengolahnya dalam bentuk SPSS versi 20.
Setelah pelaksanaan penelitian dan pengembangan didapatkan; (1) model yang
sebelumnya digunakan oleh guru adalah model konvensional, (2) hasil uji validitas
instrument penilaian autentik dalam pembelajaran musik band ini adalah 89,3, (3) hasil
uji praktikalitas instrument penilaian autentik dalam pembelajaran musik band 87,4, dan
(4) hasil uji efektivitas model instrument penilaian autentik dalam pembelajaran musik
band ini adalah 89,4. Berdasarkan hasil uji ini maka dapat disimpulkan bahwa model
instrument penilaian autentik ini layak digunakan. Implikasi dari hasil penelitian ini
adalah guru lebih mudah dalam melaksanakan penilaian, lebih sistematis, dan
memudahkan siswa dalam melaksanakan pembelajaran musik band
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrument Penilaian Model Pembelajaran Pembelajaran Musik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 04:01 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 04:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5695 |