Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Darma Yudha Pekanbaru

Sitompul, Dewi Utami (2011) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Darma Yudha Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_DEWI_UTAMI_SITOMPUL_52886_2989_2012.pdf] Text
B1_1_DEWI_UTAMI_SITOMPUL_52886_2989_2012.pdf

Download (174kB)

Abstract

Hasil belajar matematika siswa kurang memuaskan disebabkan sebagian
besar siswa belajar matematika dengan cara menghafal rumus dan bergantung
pada guru dalam penyelesaian soal, dan kurang dapat bekerja sama dengan teman
dalam diskusi kelompok belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, model
pembelajaran kooperatif tipe TPS diperkirakan dapat meningkatkan hasil belajar
matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) apakah hasil
belajar matematika siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe TPS lebih
tinggi dari pada model konvensional; (2) ada interaksi antara pengetahuan awal
dengan model kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar matematika; (3) apakah
hasil belajar matematika siswa yang berpengetahuan awal tinggi yang diajar
dengan model kooperatif tipe TPS lebih tinggi dari pada model konvensional; dan
(4) apakah hasil belajar matematika siswa yang berpengetahuan awal rendah
diajar dengan model kooperatif tipe TPS lebih tinggi dari pada model
konvensional.
Pendekatan Quasi Eksperimen dengan desain faktorial 2 × 2 digunakan
dalam penelitian ini. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Darma
Yudha Pekanbaru dengan sampel penelitian siswa kelas VC sebagai kelas kontrol
dan kelas VF sebagai kelas eksperimen, yang diambil dengan teknik random
sampling, diselenggarakan semester dua tahun ajaran 2010/2011. Data
dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan dianalisis dengan uji-t dan Anava 2 × 2.
Penelitian mengungkapkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang
diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi dari pada hasil
belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.
Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat interaksi antara model
pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pengetahuan awal terhadap hasil belajar
matematika siswa. Hasil belajar matematika siswa ternyata meningkat secara
berarti, baik pada siswa berpengetahuan awal tinggi dan rendah yang diajar
dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Direkomendasikan bahwa model
pembelajaran tipe TPS dapat dipakai untuk meningkatkan hasil belajar
matematika baik bagi siswa dengan pengetahuan awal tinggi dan pengetahuan
awal rendah.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 15 Apr 2025 04:01
Last Modified: 15 Apr 2025 04:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5694

Actions (login required)

View Item
View Item