Sitompul, Dewi Utami (2011) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Darma Yudha Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_1_DEWI_UTAMI_SITOMPUL_52886_2989_2012.pdf
Download (174kB)
Abstract
Hasil belajar matematika siswa kurang memuaskan disebabkan sebagian 
besar siswa belajar matematika dengan cara menghafal rumus dan  bergantung 
pada guru dalam penyelesaian soal, dan kurang dapat bekerja sama dengan teman 
dalam diskusi kelompok belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, model 
pembelajaran kooperatif tipe TPS diperkirakan dapat meningkatkan hasil belajar 
matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) apakah hasil 
belajar matematika siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe TPS lebih 
tinggi dari pada model konvensional; (2) ada interaksi antara pengetahuan awal 
dengan model kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar matematika; (3) apakah 
hasil belajar matematika siswa yang berpengetahuan awal tinggi yang diajar 
dengan model kooperatif tipe TPS lebih tinggi dari pada model konvensional; dan 
(4) apakah hasil belajar matematika siswa yang berpengetahuan awal rendah 
diajar dengan model kooperatif tipe TPS lebih tinggi dari pada model 
konvensional.                                                                                               
Pendekatan Quasi Eksperimen dengan desain faktorial 2 × 2 digunakan 
dalam penelitian ini. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Darma 
Yudha Pekanbaru dengan sampel penelitian siswa kelas VC sebagai kelas kontrol 
dan kelas VF sebagai kelas eksperimen, yang diambil dengan teknik random 
sampling, diselenggarakan semester dua tahun ajaran 2010/2011. Data 
dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan dianalisis dengan uji-t dan Anava 2 × 2.           
Penelitian mengungkapkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang 
diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi dari pada hasil 
belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. 
Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat interaksi antara model 
pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pengetahuan awal terhadap hasil belajar 
matematika siswa. Hasil belajar matematika siswa ternyata meningkat secara 
berarti, baik pada siswa berpengetahuan awal tinggi dan rendah yang diajar 
dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Direkomendasikan bahwa model 
pembelajaran tipe TPS dapat dipakai untuk meningkatkan hasil belajar 
matematika baik bagi siswa dengan pengetahuan awal tinggi dan pengetahuan 
awal rendah.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 15 Apr 2025 04:01 | 
| Last Modified: | 15 Apr 2025 04:01 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5694 | 
         