Zukdi, Ilpi (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Al-Islam Ke- Muhammadiyahan. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_08_ILPI_ZUKDI_15169014_183_2021.pdf [thumbnail of B1_08_ILPI_ZUKDI_15169014_183_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_08_ILPI_ZUKDI_15169014_183_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK) di Perguruan Tinggi Muhammadiyah
merupakan mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa. AIK memegang
peranan yang sangat penting untuk membantu insan akademis yang bersusila,
berkarakter dan berkepribadian muslim (learning to be). Oleh karena itu yang
menjadi tolok ukur keberhasilan mata kuliah AIK ini adalah yang paling pokok
terletak pada perubahan sikap (attitude), mental dan tingkah laku personal atau
individual. Namun dari fenomena yang ada menunjukkan bahwa pembelajaran AIK
belum berjalan secara efektif dan perlu dikembangkan
Tujuan penelitian ini adalah : a) Membangun pengembangan model
pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, b) mengetahui validitas,
praktikalitas dan efektifitas model pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
Prosedur pengembangan menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design,
Development, Inplementation dan Evaluation. Instrumen pengumpulan data berupa
observasi, angket dan tes hasil belajar. Validasi produk dilakukan oleh expert.
Ujicoba produk dilakukan pada tiga fakultas tahun ajaran 2019/2020. Data validitas,
praktikalitas dan efektifitas dianalisis secara deskriptif dengan rumus persentase dan
ICC dengan bantuan SPSS versi 19. Dari hasil analisis data hasil belajar diperoleh
nilai rata-rata kelas eksperimen dengan menggunakan model AIK yang
dikembangkan lebih tinggi dari kelas kontrol diajar dengan cara konvensional. Hasil
ini menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan sudah valid, praktis
dan efektif untuk proses pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sehingga
dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan terjadinya perubahan sikap
mahasiswa. Berdasarkan temuan ini direkomendasikan kepada dosen Al-Islam dan
Kemuhammadiyahan untuk dapat menggunakan model pembelajaran yang
dikembangkan ini
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran SPSS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 04:01 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 04:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5689 |