Strategi Manajemen Sekolah Dasar (SD) Swasta Al-Azhar Bukittinggi

Nur, Muhammad (2012) Strategi Manajemen Sekolah Dasar (SD) Swasta Al-Azhar Bukittinggi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_MUHAMMAD_NUR_19030_04_2013.pdf] Text
B1_1_MUHAMMAD_NUR_19030_04_2013.pdf

Download (110kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal di lapangan, peneliti melihat bahwa Kepala
SD Swasta Al-Azhar memiliki kemampuan manajemen yang sesuai kompetensi
dan tugas pokoknya. Terlihat dalam aspek pengelolaan lembaga, baik secara
akademik maupun kepegawaian. Kondisi tersebut menjadikan SD Swasta Al-
Azhar mampu menjalankan program-programnya baik pembelajaran maupun
ekstrakurikuler yang baik sebagai untuk menjadi lembaga pendidikan yang
berkualitas. Penelitian ini meletakkan fokusnya pada: 1) Strategi manajemen yang
dilakukan kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kaitannya
dengan peningkatan akhlak di SD Swasta Al-Azhar Bukittinggi; 2) Faktor
pendorong dan faktor penghambat dalam menjalankan manajemen di SD Swasta
Al-Azhar Bukittinggi; 3) Usaha kepala sekolah untuk memaksimalkan faktor
pendorong dan meminimalkan faktor penghambat dalam menjalankan manajemen
di SD Swasta Al-Azhar Bukittinggi.
Untuk memperoleh jawaban pertanyaan penelitian ini, peneliti
menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data penelitian,
peneliti melakukan observasi lapangan, wawancara serta studi dokumentasi.
Informan penelitian diperoleh melalui ”purposive sampling techinique” dengan
melihat dari keadaan informan yang sangat dekat dan sangat mengenal situasi dan
kondisi untuk memberikan informasi yang diperlukan dalam penelitian. Informan
mencakup Pengurus Yayasan Pendidikan Islam Al-Azhar, Kepala Sekolah,
Majelis Guru, Karyawan-wati, Siswa-siswi, dan Wali Murid. Analisis data
dilakukan mengikuti langkah-langkah yang dianjurkan oleh Miles Huberman
yaitu reduksi data, penampilan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk
memperoleh konfirmasi, peneliti menggunakan teknik triangulasi.
Temuan peneliti ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi manajemen yang
dilakukan kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kaitannya
dengan peningkatan akhlak di SD Swasta Al-Azhar Bukittinggi yaitu
a) Menerapkan strategi kepemimpinan demokratis; b) Menerapkan strategi
manajemen kekeluargaan dalam kerjasama dan interaksi; c) Menjalankan strategi
manajemen ketauladanan; d) Menjalankan strategi Islami; 2) Faktor pendorong
dalam menjalankan manajemen yaitu a) Kemampuan/Kualitas Guru; b) Supervisi
Kelas, c) Iklim Sekolah yang Kondusif, d) Efektifnya Tenaga Administrasi, dan
faktor penghambat yaitu a) Latar Belakang Pendidikan Guru, b) Keterbatasan
Dana, c) Kurangnya Perhatian dari masyarakat, d) Jarak Sekolah dan Rumah
Tinggal cukup jauh; 3) Usaha kepala sekolah untuk memaksimalkan faktor
pendorong yaitu a) Optimalisasi dukungan dari Yayasan, b) Dukungan dari Wali
Murid, c) Dukungan dari Dinas Pendidikan, d) Optimalisasi Sumber Daya
Manusia, dan meminimalkan faktor penghambat yaitu

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 15 Apr 2025 04:00
Last Modified: 15 Apr 2025 04:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5681

Actions (login required)

View Item
View Item