Implementasi Teori APOS dalam Pembelajaran Matematika untuk membentuk Peserta Didik Berakhlak

Yerizon, Yerizon (2021) Implementasi Teori APOS dalam Pembelajaran Matematika untuk membentuk Peserta Didik Berakhlak. Universitas Negeri Padang, Padang.

[thumbnail of 1_Yerizon_2021.pdf] Text
1_Yerizon_2021.pdf

Download (248kB)

Abstract

Salah satu tujuan pendidikan nasional adalah
mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak
mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga
negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Matematika
adalah salah satu mata pelajaran yang dipelajari pada setiap
jenjang pendidikan. Dalam mengajarkan matematika pendidik
seharusnya dapat menjadikan peserta didik mencapai tujuan
tersebut. Agar matematika mudah dipahami maka hendaknya
memperhatikan kecerdasan majemuk peserta didik dan
menggunakan model/metode pembelajaran yang melibatkan
peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran seperti
penggunaan teori APOS (aksi-proses-objek-skema). Dalam
pelaksanaannya digunakan media dan konteks yang dekat dengan
kehidupan peserta didik. Mereka akan tertarik dan mudah
memahami materi tersebut. Kemudian peserta harus terlibat aktif
dalam mengkonstruksi sendiri konsep dan prinsip dan dipelajari.
Dalam mengkonstruksi peserta ditun

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Teori APOS, Pembelajaran Matematika, Peserta Didik Berakhlak
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Wiwi Sartika S.Sos
Date Deposited: 15 Apr 2025 02:06
Last Modified: 15 Apr 2025 04:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5675

Actions (login required)

View Item
View Item