An Analysis of Types of Figurative Language Used in Internet Advertisemen.

Yuri. A, Ratna (2013) An Analysis of Types of Figurative Language Used in Internet Advertisemen. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_RATNA_YURI_A_77216_2912_2013.pdf] Text
B1_4_RATNA_YURI_A_77216_2912_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bahasa kiasan atau majas adalah jenis gaya bahasa yang digunakan untukmemperindah dan memberikan warna pada bunyi di tulisan yang mempunyaimakna konotasi atau makna yang bukan sebenarnya. Jenis bahasa ini umumnyadigunakan dalam karya sastra seperti novel, puisi, cerita pendek dan juga dalamiklan sebuah produk. Dalam makalah ini, penulis akan menganilisis majas-majasapakah yang paling sering digunakan oleh para pemasang iklan untuk menarikperhatian para pelanggannya.Dalam menganalisis tentang tipe-tipe majas, penulis hanya fokus pada 4(empat) tipe-tipe majas, antara lain: personifikasi, metafor, hyperbole, dan simile.Dalam teknik pengumpulan data, penulis menggunakan teknik mencatat (notetaking technique) Sudaryanto (1993:133). Penulis mengumpulkan data dari iklanyang diterbitkan di internet.Tujuan dari makalah ini adalah untuk mengetahui jenis majas apa sajayang paling banyak digunakan oleh para pengiklan untuk mempromosikan produkmereka dan apa perbedaan dan persamaan dari penggunaan majas tersebut. Dalammakalah ini, penulis mengelompokkan produk-produk yang digunakan oleh priadan wanita. Hal ini dimaksudkan agar pembaca dapat mengetahui jenis majas apasaja yang paling banyak digunakan dalam masing-masing produk yang digunakanoleh pria dan wanita.Data dari makalah ini berjumlah 100 yaitu 50 data untuk produk wanita,dan 50 data untuk produk pria. Dari data tersebut ditemukan bahwa untuk produkpria, majas yang paling banyak digunakan adalah Personifikasi yaitu 25 data(50%), dan yang paling sedikit digunakan adalah Simile yaitu 7 data (14%).Untuk produk wanita, majas yang paling banyak digunakan adalah Personifikasiyaitu 22 data (44%), dan yang paling sedikit digunakan adalah Metafor yaitu 4data (8%).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: FIGURATIVE LANGUAGE, INTERNET ADVERTISEMENTS
Subjects: P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PQ Romance literatures
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Inggris-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 15 Apr 2025 03:57
Last Modified: 15 Apr 2025 03:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5674

Actions (login required)

View Item
View Item