Hia, Kristina (2021) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Jejaring Sosial Geschool terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_KRISTINA_HIA_17029030_864_2022.pdf [thumbnail of B1_2_KRISTINA_HIA_17029030_864_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_KRISTINA_HIA_17029030_864_2022.pdf
Download (10MB)
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan modal dasar untuk
memperoleh hasil belajar yang maksimal. Kemampuan pemahaman konsep
matematis yang baik akan memudahkan peserta didik untuk mengingat,
menggunakan, menyusun kembali suatu konsep yang telah dipelajari serta dapat
menyelesaikan berbagai variasi soal matematika. Namun kenyataannya kemampuan
pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Padang masih
perlu ditingkatkan. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut yaitu menggunakan
pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Tujuan dari penelitian ini
adalah mendeskripsikan perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis
peserta didik yang belajar menggunakan pendekatan Realistic Mathematics
Education (RME) berbantuan jejaring sosial geschool dengan peserta didik yang
belajar menggunakan pembelajaran konvensional berbantuan jejaring sosial geschool.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi exsperiment dengan rancangan
penelitian Randomized Subjects Posstest Only Control Group Desain. Populasi pada
penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Padang Tahun
Pelajaran 2021/2022. Pengambilan kelas sampel dilakukan dengan teknik simple
random sampling, kelas VIII.5 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2
terpilih sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah
tes akhir kemampuan pemahaman konsep matematis. Data tes akhir kemampuan
pemahaman konsep matematis peserta didik dianalisis dengan mengggunakan Uji
Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t.
Bedasarkan hasil analisis data, kemampuan pemahaman konsep matematis
peserta didik yang belajar menggunakan pendekatan Realistic Mathematics
Education (RME) berbantuan jejaring sosial geschool lebih baik daripada
kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan
pembelajaran konvensional berbantuan jejaring sosial geschool di kelas VIII SMP
Negeri 4 Padang Tahun Pelajaran 2021/2022, dengan taraf � − ����� = 0,018 <
����� ����� = 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS, PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME), PEMBELAJARAN KONVENSIONAL |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 01:34 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 01:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5656 |