Wulandari, Prima (2019) Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_PRIMA_WULANDARI_4650_15046044_2019.pdf [thumbnail of B1_02_PRIMA_WULANDARI_4650_15046044_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_PRIMA_WULANDARI_4650_15046044_2019.pdf
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik melalui penggunaan model cooperative learning tipe think talk write. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model
spiral dari Kemmis dan Traggart yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdapat 2 kali pertemuan artinya penelitian ini berlangsung selama 4 kali pertemuan, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 di SMAN 7 Padang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis persentase dan diberi pemaknaan dalam setiap peningkatan aktivitas belajar
peserta didik. Hasil dari penelitian tentang penggunaan model cooperative learning tipe think talk write untuk meningkatkan aktivitias belajar peserta didik dalam
pembelajaran sejarah Indonesia yang telah penulis lakukan di SMAN 7 Padang maka diperoleh hasil bahwa model pembelajaran TTW dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah Indonesia. Selain itu dari 3 indikator yang dimiliki model pembelajaran TTW hanya 2 indikator yang
berada pada kategori baik yaitu pada think dan write. Dapat disimpulkan bahwa model cooperative learning tipe think talk write dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam berpikir dan menulis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 01:33 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 01:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5648 |