Beniar, Lenti (2014) Kontribusi Sikap Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika di SMP N 1 Gunung Talang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_LENTI_BENIAR_95966_1619_2014.pdf [thumbnail of B1_3_LENTI_BENIAR_95966_1619_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_LENTI_BENIAR_95966_1619_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya sikap belajar siswa. Karena sikap adalah salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi hasil belajar. Sikap dapat menjadi sebuah kegiatan dan memiliki daya dorong bagi siswa untuk belajar sekaligus menumbuhkan rasa suka dan rasa senang mereka untuk belajar. Masalah yang di temukan di lapangan, pada umumnya siswa merasa takut untuk tampil ke depan, adanya rasa cemas dan takut kalau mereka melakukan kesalahan dalam menjawab soal, serta sering keluar masuk saat pembelajaran berlangsung. Minat terhadap belajar akan membentuk sikap positif siswa terhadap belajar. Sikap positif perlu ditumbuh kembangkan, dibina dan dipelihara agar memberi manfaat kepada peningkatan hasil belajar, khususnya pada mata pelajaran Matematika di SMP N 1 Gunung Talang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi kontribusi sikap belajar siswa terhadap hasil belajar di SMP N 1 Gunung Talang Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Gunung Talang yang berjumlah 465 orang yang terdiri dari 20 kelas dan teknik pengambilan sampelnya proposional stratified random sampling, yaitu dengan jumlah siswa masingmasing kelas VII 170 siswa, kelas VIII 145 siswa, dan kelas IX 141 siswa. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Angket berisi 26 butir pernyataan yang disusun menggunakan skala Likert. Dari hasil penelitian dibuktikan dengan analisis data sebagai berikut: (1) Uji Normalitas pada variabel X dengan perolehan i Hitung = 11,6 < = 14,067 dan variabel Y dengan perolehan hitung = 11,57 < =14,067. Hasil pengujian menunjukkan kedua data berdistribusi normal. (2) Uji Regresi Sederhana dengan perolehan F hitung =14,72 > F tabel tabel tabel = 3,69, pengujian menunjukkan data signifikan. (3) Uji Hipotesis menggunakan rumus Product Moment Correlation dengan perolehan r hitung = 0,915 > r tabel = 0,220 pada α = 0,05 dan N =82 yang berarti terdapatnya hubungan sikap belajar (X) dengan hasil belajar siswa (Y). Koefisien korelasi (r) tersebut menunjukkan arah hubungan positif yang artinya semakin baik atau positif sikap siswa maka semakin baik pula hasil belajar siswa. Signifikansi koefisien korelasi dibuktikan dengan perolehan t hitung = 20,305 > t table = 1,980 untuk α = 0,05 (df) = 82-2= 80 yang menunjukkan bahwa koefisien korelasi (r) bersifat signifikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sikap Belajar Siswa, Matematika di SMP N 1 Gunung Talang |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | FAUZIAH FAUZIA |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 09:46 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 09:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5646 |