Marlina, Leni (2015) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle pada Siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Ranah Ampek Hulu Tapan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_LENI_MARLINA_57244_1753_2015.pdf [thumbnail of B1_3_LENI_MARLINA_57244_1753_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_LENI_MARLINA_57244_1753_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari fenomena di sekolah bahwa pembelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia belum dilaksanakan dengan melibatkan siswa secara optimal. Hasil belajar siswa masih rendah. Untuk itu, dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Ranah Ampek Hulu Tapan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia?”. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Ranah Ampek Hulu Tapan pada semester I Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle pada siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Ranah Ampek Hulu Tapan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia sehingga tercapai indikator pembelajaran. Peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus I adalah 63,33% dan siklus II siswa yang tuntas mencapai 86,67%. Peningkatan aktivitas siswa berdiskusi dalam kelompok dan mempresentasikan hasil kerja di depan kelas 100%, siswa mampu mengemukakan pendapat 86,67%, sebanyak 90% siswa mampu menerapkan konsep, serta 86,7% siswa yang membuat kesimpulan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Learning Cycle |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | FAUZIAH FAUZIA |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 09:18 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 09:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5628 |