The Effect of Using STAD (Student Team Achievement Division) Method for Senior High School Students’ Speaking Ability at Eleventh Grade of SMAN 6 Merangin

Sari, Lelita Ratna (2011) The Effect of Using STAD (Student Team Achievement Division) Method for Senior High School Students’ Speaking Ability at Eleventh Grade of SMAN 6 Merangin. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_LELITA_ RATNA_ SARI_72731_2229_2012.pdf] Text
B1_3_LELITA_ RATNA_ SARI_72731_2229_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah dalam pengajaran speaking yang terjadi di SMAN 6 Merangin. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan speaking siswa melalui metode pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA 6 Merangin tahun ajaran 2010/2011. Sampel diambil dengan teknik cluster sampling setelah melakukan uji homogenitas, sehingga diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda dimana kelas eksperimen menggunakan pengajaran Student Team Achievement Division (STAD) sedangkan kelas kontrol menggunakan Group Discussion yang biasa dipergunakan di sekolah tersebut. Setelah 8 kali pertemuan, kedua kelas diberikan posttest untuk mengukur kemampuan speaking mereka. Dari hasil penelitian diperoleh nilai posttest siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan rumus t didapat hasil t-hitung 3,12 lebih besar dari t-tabel 2,00 dengan taraf nyata α 0.05. Dengan demikian, hipotesis yang berbunyi “siswa yang diajar dengan menggunakan Student Team Achievement Division (STAD) mempunyai kemampuan speaking yang lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan Group Discussion pada kelas XI SMA 6 Merangin” diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan speaking siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STAD, Speaking Ability, Senior High School Students
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Inggris-S1
Depositing User: FAUZIAH FAUZIA
Date Deposited: 14 Apr 2025 09:05
Last Modified: 14 Apr 2025 09:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5618

Actions (login required)

View Item
View Item