Meningkatkan Keterampilan Melompat Melalui Permainan Tradisional Lompat Tali bagi Anak Tunagrahita Ringan ( Single Subject Research Kelas II Di SDLB 35 Painan)

Alfiza, Yusilia (2014) Meningkatkan Keterampilan Melompat Melalui Permainan Tradisional Lompat Tali bagi Anak Tunagrahita Ringan ( Single Subject Research Kelas II Di SDLB 35 Painan). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_YUSILIA_ ALFIZA_WIJAYA_NST_11394_1138_2014.pdf] Text
B1_2_YUSILIA_ ALFIZA_WIJAYA_NST_11394_1138_2014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan yang peneliti laksanakan di sekolah, bahwa anak tunagrahita ringan x sulit dalam melakukan lompatan dengan dua kaki. Dari hasil pengamatan, anak belum mampu melompat, baik dalam melompat ke depan, ke belakang, ke samping kanan, ke samping kiri. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan melompat anak melalui permainan tradisional lompat tali dan melihat apakah permainan tradisional lompat tali dapat mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR), dengan desain penelitiannya yaitu menggunakan desain A – B dan teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian ini adalah anak tunagrahita ringan x. Penilaian dalam penelitian ini yaitu dengan mengukur arah lompatan yang bisa dilakukan anak sesuai intruksi. Data ini lalu disajikan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian ini terlihat bahwa kemampuan anak tunagrahita x dalam melompat ke depan, ke belakang, ke samping kiri, ke samping kanan, dapat ditingkatkan melalui permainan tradisional. Pada kondisi baseline (A) yang dilakukan sebanyak tujuh kali pertemuan, anak hanya dapat melompat kedepan sehingga persentasenya 25%. Pada kondisi intervensi (B) dilakukan sebanyak enambelas kali pertemuan dan kemampuan anak tunagrahita meningkat dari pertemuan ke delapanbelas sampai ke duapuluh dengan skor tertinggi 100%. Jika dilihat dari analisis data bahwa terjadi perubahan kecendrungan arah yang meningkat (+) dari kondisi baseline ke intervensi. Dengan demikian disimpulkan bahwa rumusan masalah yang dikemukakan terjawab bahwa permainan lompat tali dapat meningkatkan keterampilan melompat pada anak tunagrahita ringan x kelas II di SLB 35 Painan. Berkaitan dengan hasil penelitian untuk membantu meningkatkan keterampilan melompat anak tunagrahita ringan x dengan baik, maka disarankan pada sekolah khususnya guru untuk menggunakan permainan lompat tali untuk kemampuan melompat yang lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan melompat, Lompat tali, Anak tunagrahita ringan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 14 Apr 2025 09:04
Last Modified: 14 Apr 2025 09:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5613

Actions (login required)

View Item
View Item