Meningkatkan Kemampuan Pengurangan Melalui Pendekatan Bermain Dengan Media Benda Konkrit Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas D II di SLB Lubuk Kilangan Padang

Yurmailis, Yurmailis (2013) Meningkatkan Kemampuan Pengurangan Melalui Pendekatan Bermain Dengan Media Benda Konkrit Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas D II di SLB Lubuk Kilangan Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_YURMAILIS_87869_6541_2013.pdf] Text
B1_2_YURMAILIS_87869_6541_2013.pdf

Download (935kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan yang peneliti lakukan di SLB Lubuk Kilangan Padang. Peneliti menemukan seorang anak tunagrahita ringan yang mengalami permasalahan pada bidang matematika khususnya pada pengurangan,peneliti ini bertujuan agar kemampuan pengurangan pada anak bias meningkatmelalui pendekatan bermain dengan menggunakn mediabenda konkrit. Penelitian ini mengunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk single subject research (SSR) dengan desain penelitian mengunakan desain A – B. Subjek penelitian ini adalah seorang anak tunagrahita ringan. Target behavior adalah meningkatkan kemampuan pengurangan dengan menjawab soal pengurangan sebanyak 10 buah pada lembar kerja siswa. Prosedur pemgambilan data dengan cara pengamatan secara langsung terhadap hasil latihan yang diberikan kepada anak dalam meningkatkan kemampuan pengurangan . data diambil melalui prosedur pemberian soal yaiyu member nilai pada sejumlah soal yang dijawab benar pada lembaran kerja siswa. Teknik analisis data yang digunakan berdasarkan pengamatan data dalam bentuk Visual Analysis of Grafik. Hasil penelitian mencakup jumlah pengamatan pada kondisi baseline I (A) sebanyak tujuh kali pertemuan,kondisi intervensi sebanyak Sembilan Sembilan kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mellui pendekatan bermain dengan benda konkrit dapat meningkatkan pengurangan ATG. Hal ini terbukti dari analisis yaitu arah kecendrungannya meningkat. Pada kondisi baseline anak mampu menjawab 30% soal dengan benar,setelah diberikan treatment anak mampu menjawab 80% soal dengan benar dari sepuluh soal, peneliti menyarankan kepada guru selanjutnya agar dapat mengunakan pendekatan bermain dengan media benda konkrit dalam mengajarkan pengurangan bagi tuna grahita ringan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pengurangan, Media benda konkrit, Anak tunagrahita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 17 Apr 2025 04:22
Last Modified: 17 Apr 2025 04:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5606

Actions (login required)

View Item
View Item