Ramadhan, Muhammad Husni (2010) Kontribusi Motivasi Berprestasi dan Supervisi terhadap Kompetensi Profesional Guru SMP Negeri di Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_MUHAMMAD_HUSNI_RAMADHAN_10649_5589_2012.pdf [thumbnail of B1_1_MUHAMMAD_HUSNI_RAMADHAN_10649_5589_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_MUHAMMAD_HUSNI_RAMADHAN_10649_5589_2012.pdf
Download (140kB)
Abstract
Kompetensi profesional guru dianggap sebagai salah satu faktor
yang menentukan proses belajar mengajar di sekolah untuk meningkatkan
mutu pendidikan. Dalam pengamatan sementara terlihat bahwa
kompetensi profesional guru masih kurang. Kondisi ini diduga dipengaruhi
oleh beberapa faktor diantaranya adalah : motivasi berprestasi dan
supervisi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap seberapa besar pengauh
kedua variabel bebas tersebut terhadap kompetensi profesional guru..
Tiga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : (1) motivasi
berprestasi berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru, (2) dan
supervisi berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru, dan (3)
motivasi berprestasi dan supervisi berkontribusi secara bersama-sama
terhadap kompetensi profesional guru.
Populasi penelitian ini adalah 73 guru SMP Negeri di Kecamatan
Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Sampel berjumlah 42 orang yang
diambil dengan menggunakan teknik Stratified Proportional Random
Sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner model Skala Likert,
kemudian diolah dengan teknik korelasi dan regresi.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : (1) motivasi berprestasi
berkontribusi sebesar 18,5% terhadap kompetensi profesional guru, (2)
supervisi berkontribusi sebesar 12% terhadap kompetensi profesional guru
dan (3) motivasi berprestasi dan supervisi secara bersama-sama
berkontribusi sebesar 24,7% terhadap kompetensi profesional guru.
Daya prediksi kedua variabel tersebut adalah 24,7%, sedangkan 75,3%
berasal dari faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Oleh karena
itu perlu penelitian lebih lanjut tentang pengaruh variabel lain terhadap
kompetensi profesional guru
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 08:22 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 08:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5600 |