Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi tentang Materi Tumbuhan untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X

Maisari, Lastri (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi tentang Materi Tumbuhan untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_LASTRI_MAISARI_16031099_613_2020.pdf] Text
B1_3_LASTRI_MAISARI_16031099_613_2020.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penilaian dalam Kurikulum 2013 lebih menekankan kepada penilaian kognitif yang dimiliki peserta didik. Instrumen penilaian yang dibuat oleh guru pada ulangan harian umumnya masih berada pada tingkatan kognitif C1-C3, sedangkan instrumen yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan peserta didik berada pada tingkatan C4-C6. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi Tumbuhan untuk peserta didik SMA/MA Kelas X yang valid, reliabel, tingkat kesukaran sedang, daya pembeda dan kualitas item yang baik. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 4-D models. Model ini terdiri atas tahap define, design, develop dan disseminate. Tahap disseminate itu tidak dilakukan. Objek penelitian ini adalah instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi Tumbuhan untuk peserta didik SMA/MA kelas X. Subjek penelitian ini yaitu 34 orang siswa SMAN 7 Padang. Hasil uji validitas menunjukkan soal valid secara validitas logis dengan ratarata nilai yaitu 3,27 dengan kriteria valid. Nilai praktikalitas 3,80 dengan kriteria soal praktis, reliabilitas soal yaitu 0,72, serta tingkat kesukaran soal antara 0,35 sampai 0,50 dengan kriteria sedang, serta soal memiliki daya beda yang baik dan distraktor soal yang baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan telah dihasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi Tumbuhan untuk peserta didik SMA/MA kelas X yang valid, reliabel, tingkat kesukaran beda, daya pembeda yang baik dan kualitas option yang baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Instrumen Penilaian, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: FAUZIAH FAUZIA
Date Deposited: 14 Apr 2025 08:07
Last Modified: 14 Apr 2025 08:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5595

Actions (login required)

View Item
View Item