Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP

Susanti, Edna (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_EDNA_SUSANTI_1496_1300784_2018.pdf] Text
B1_01_EDNA_SUSANTI_1496_1300784_2018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat
keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Pembangunan
LaboratoriumUNP sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
think pair share. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis berita
siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP sesudah menggunakan
model pmbelajaran kooperatif tipe think pair share. Ketiga, mendeskripsikan
pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap
keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium
UNP.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest
Design. Populasi penelitian ini adalah siswa yang terdaftar tahun ajaran
2016/2017 sebanyak 106 orang. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 26 orang
siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel
penelitian adalah keterampilan menulis berita menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe think pair share. Instrumen penelitian ini berupa tes unjuk kerja
menulis berita sebelum dan sesudah menggunakan model pmbelajaran kooperatif
tipe think pair share.
Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis berita
sebelum menggunakan model pmbelajaran kooperatif tipe think pair share siswa
kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP berada pada kualifikasi cukup
(C) dengan rata-rata 62,39. Kedua, keterampilan menulis berita sesudah
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share siswa kelas
VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP berada pada kualifikasi baik (B)
dengan rata-rata 84,83. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif H1 diterima
pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n1 -1) karena thitung> ttabel
yaitu 9,04 > 1,71.

Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan keterampilan menulis berita
siswakelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP sesudah menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih baik dibandingkan
sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share siswa
kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Dengan demikian, model
pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat diterapkan sebagai salah satu
alternatif dalam pembelajaran
keterampilan menulis berita.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 14 Apr 2025 09:03
Last Modified: 14 Apr 2025 09:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5588

Actions (login required)

View Item
View Item