Nazar, Yeni Etma (2016) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Square Terhadap Kemampuan Metakognisi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_YENI_ETMA_NAZAR_1205622_126_2016.pdf [thumbnail of B1_3_YENI_ETMA_NAZAR_1205622_126_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_YENI_ETMA_NAZAR_1205622_126_2016.pdf
Download (7MB)
Abstract
Penelitian mengenai penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair square terhadap kemampuan metakognisi siswa telah dilakukan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang dilakukan di SMA Negeri 5 Padang pada mata pelajaran biologi masih terpusat pada guru (teacher centered), sehingga kemampuan metakognisi siswa kurang berkembang. Untuk itulah dilakukan inovasi model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan metakognisi siswa sehingga hasil belajar lebih optimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair square terhadap kemampuan metakognisi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Padang. Berdasarkan hal diatas, peneliti telah melakukan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan “The Static Group Comparison Design”. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Padang yang tersebar atas lima kelas. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, didapatkan siswa kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa soal objektif. Setelah didapatkan data penelitian maka dilakukanlah uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa nilai t hitung > t l, maka hipotesis diterima. Jadi, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair square berpengaruh positif terhadap kemampuan metakognisi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Padang pada materi sistem peredaran darah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pmbelajaran, Kemampuan Metakognisi Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi-S1 |
Depositing User: | RAJANA RAJANA |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 08:05 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 08:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5585 |