Fadli, Muhammad (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_MUHAMMAD_FADLI_14029085_3480_2019.pdf [thumbnail of B1_1_MUHAMMAD_FADLI_14029085_3480_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_MUHAMMAD_FADLI_14029085_3480_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu kemampuan yang
harus dimiliki oleh setiap peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun
pada kenyataannya kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas VIII
SMPN 8 Padang belum optimal. Salah satu faktor yang menyebabkannya terjadi
adalah pembelajaran yang belum sepenuhnya mampu memfasilitasi peserta didik
mengembangkan kemampuan penalaran matematis dengan baik. Upaya yang
dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta
didik salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran discovery
learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan
penalaran matematis peserta didik yang menggunakan pembelajaran discovery
learning dengan kemampuan penalaran matematis yang menggunakan
pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 8 Padang.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian
Static Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 8
Padang dengan sampel kelas VIII.E dan VIII.F. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematis yang berbentuk soal essay.
Berdasarkan analisis data hasil tes akhir diperoleh bahwa pada taraf
signifikan 0,05 dengan melakukan uji-t diperoleh P-value = 0,048 karena P-value
maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran
matematis peserta didik yang belajar menggunakan model discovery learning
lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII
SMPN 8 Padang. Dalam hal ini, dapat disimpulkan bahwa model discovery
learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis peserta
didik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 07:56 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 07:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5569 |