Kemampuan Guru PPKn Dalam Menyusun RPP Berdasarkan Kurikulum 2013 (Analisis RPP 3 Guru PPKn SMP Negeri 2 Padang Panjang).

Lidya, Kurniatul (2016) Kemampuan Guru PPKn Dalam Menyusun RPP Berdasarkan Kurikulum 2013 (Analisis RPP 3 Guru PPKn SMP Negeri 2 Padang Panjang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_KURNIATUL_LIDYA_1201744_5519_2016.pdf] Text
B1_3_KURNIATUL_LIDYA_1201744_5519_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kenyataan di SMP N 2 Padang Panjang, bahwa terdapat masalah yang sering dihadapi guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu menyiapakan RPP yang tepat dalam rangka membantu siswa mencapai kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis RPP guru PPKn Tahun Ajaran 2015/2016 dan kendala-kendala guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Padang Panjang. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran PPKn yang terdiri dari 3 orang guru PPkn. Objek penelitian ini adalah RPP yang dibuat oleh guru. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam bentuk deskripsi yaitu berupa kata-kata, dan teknik pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis RPP guru PPKn di SMP N 2 Padang Panjang masih kurang sesuai dengan standar Kurikulum 2013, karena masih ada bebrapa komponen RPP yang belum lengkap. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor sebagai berikut: a) Dalam merumuskan indikator guru merasa kesulitan dalam mengakomodir keragaman siswa. b) Sumber utama pembelajaran yang di gunakan guru hanya buku guru dan buku siswa. c) Guru merasa kesulitan untuk menentukan media yang bisa di gunakan dalam proses pembelajaran. d) Guru merasa kesulitan dalam menyesuaikan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik e) Dalam mennyusun lembar penilaian sikap dan keterampilan guru tidak bisa mengawasi seluruh aktivitas siswanya secara detail. Kemudian dalam implementasinya guru belum sesuai dengan RPP yang tersusun karena banyak komponen RPP yang tidak bisa di terapkan dalam proses pembelajaran, penyebabnya adalah : a) Guru terbiasa menggunakan metode ceramah. b) Media pembelajaran yang bisa di gunakan di SMP N 2 Padang Panjang juga sangat terbatas.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: RPP, Kurikulum 2013, PPKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1
Depositing User: FAUZIAH FAUZIA
Date Deposited: 14 Apr 2025 07:37
Last Modified: 14 Apr 2025 07:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5553

Actions (login required)

View Item
View Item