Saputra, Muhamad Disra (2021) Kontribusi Stres Akademik dan Prokrastinasi Akademik terhadap Perilaku Game Addiction. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_MUHAMAD_DISRA_SAPUTRA_18151028_2032_2021.pdf [thumbnail of B1_1_MUHAMAD_DISRA_SAPUTRA_18151028_2032_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_MUHAMAD_DISRA_SAPUTRA_18151028_2032_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi tingginya tingkat ketergantungan
penggunaan internet khususnya game online dikalangan remaja yang memicu
perilaku game addiction. Stres akdemik dan prokrastinasi merupakan faktor yang
mempengaruhi perilaku game addiction. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan: (1) stres akademik, prokrastinasi akademik dan perilaku game
addiction, (2) kontribusi stres akademik terhadap perilaku game addiction, (3)
kontribusi prokrastinasi akademik terhadap perilaku game addiction, dan (4)
kontribusi stres akademik dan prokrastinasi akademik secara bersama-sama
terhadap perilaku game addiction.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif
korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ilmu pendidikan
universitas negeri padang dari tahun 2013-2019 dengan sampel sebanyak 163
orang, yang dipilih melalui teknik proposional stratified random sampling.
Instrumen yang digunakan adalah skala perilaku game addiction, skala stres
akademik dan skala prokrastinasi akademik dengan model Likert. Data penelitian
dianalisis dengan menggunakan teknik regresi sederhana dan regresi ganda.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Stres akademik mahasiswa
berada pada kategori sedang, (2) Prokrastinasi akademik mahasiswa berada pada
kategori sedang, (3) Perilaku game addiction berada pada kategori sedang, (4)
stres akademik tidak berkontribusi terhadap perilaku game addiction, (5)
prokrastinasi akademik berkontribusi secara signifikan terhadap perilaku game
addiction, dan (6) stres akademik dan prokrastinasi akademik sama-sama
berkontribusi terhadap perilaku game addiction. Implikasi dari temuan penelitian
ini dapat dijadikan sebagai masukan untuk membuat program layanan
Bimbingan dan Konseling di UPBK Universitas Negeri Padang.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Addiction, Stres Akademik, Prokrastinasi Akademik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 07:37 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 07:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5551 |