Guito, Febrian (2018) Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Metode Konvensional pada Mata Pelajaran Memahami Dasar-Dasar Elektronika (MDDE) Kelas XI TITL di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_FEBRIAN_GUITO_1201901_3343_2018.pdf [thumbnail of B1_03_FEBRIAN_GUITO_1201901_3343_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_FEBRIAN_GUITO_1201901_3343_2018.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari proses pembelajaran yang belum optimal. Siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan pembelajaran cenderung menerapkan strategi yang kurang tepat. Hal ini menyebabkan siswa kurang paham dengan materi yang disampaikan guru. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan model pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa melalaui cara belajar yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Memahami Dasar-Dasar Elektronika pada kelas XI TITL di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XITITL SMK Muhammadiyah 1 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Purposive, Sehingga diperoleh kelas XI TITL Gup A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TITL Grup B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (posttest) berupa soal objektif sebanyak 25 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian didapat, bahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran Tipe Kooperati NHT memiliki rata-rata nilai 79,06 sedangkan ratarata nilai siswa dengan pembelajaran konvensional adalah 70,24. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh t hitung 3,52 dan t i tabel 1,76 atau t hitung > t tabel . Dapat disimpulkan bahwa setelah diberikan perlakuan, terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Memahami Dasar-Dasar Elektronika (MDDE) Kelas XI TITL di SMK Muhammadiyah 1 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Pembelajaran Konvensional, Perbedaan Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 07:36 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 07:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5546 |