S, Monery Kresy (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di SMP Negeri 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_KRESY_MONERYS_15031069_2783_2019.pdf [thumbnail of B1_3_KRESY_MONERYS_15031069_2783_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_KRESY_MONERYS_15031069_2783_2019.pdf
Download (10MB)
Abstract
Masalah yang terdapat di SMPN 13 Padang salah satunya adalah model pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik dan efektif untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu penerapan model pembelajaran scramble bermuatan literasi sains pada materi sistem pernapasan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran scramble bermuatan literasi sains terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII di SMPN 13 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Populasi pada penelitian ini seluruh kelas VIII di SMPN 13 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Sampel pada penelitian ini kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol dan VIII.3 sebagai kelas eksperimen yang pilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai kompetensi pengetahuan peserta didik kelas eksperimen 73,25 > kelas kontrol 67,13 (t i hitung 2,83 > t tabel 1,67), pada kompetensi sikap kelas eksperimen 81,31 > 73,28 (t hitung 5,77 > t tabel 1,67) dan pada kompetensi keterampilan kelas eksperimen 83,91 > kelas kontrol 79,59 (t hitung 1,91 > t tabel 1,67) yang berarti hipotesis diterima. Kesimpulan pada penelitian ini adalah model pembelajaran scramble bermuatan literasi sains memiliki pengaruh positif terhadap kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik SMPN 13 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Scramble, Literasi Sains, Kompetensi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | FAUZIAH FAUZIA |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 07:25 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 07:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5535 |