Dianto, Mori (2015) Kontribusi Dukungan Sosial dan Konsep Diri Terhadap Motivasi Berprestasi pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)”. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_MORI_DIANTO_1200032_415_2015.pdf [thumbnail of B1_1_MORI_DIANTO_1200032_415_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_MORI_DIANTO_1200032_415_2015.pdf
Download (947kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari rendahnya motivasi berprestasi siswa di sekolah.
Konsep diri dan dukungan sosial diduga mempunyai hubungan dalam
mewujudkan potensi keberbakatan menjadi sebuah prestasi. Peran guru mata
pelajaran terutama guru bimbingan dan konseling sangat diperlukan dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah sehingga prestasi belajar siswa
meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dukungan sosial, konsep
diri dan motivasi berprestasi siswa SMPN Kecamatan Batang Kapas Pesisir
Selatan. Juga untuk mengetahui kontribusi dukungan sosial dan konsep diri
terhadap motivasi berprestasi siswa SMPN Kecamatan Batang Kapas Pesisir
Selatan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional yang bertujuan untuk
mengetahui seberapa besar kontribusi antar variabel penelitian. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN Kecamatan Batang Kapas Pesisir
Selatan yang berjumlah 601 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 240 siswa,
diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang
digunakan berupa skala. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif,
dan pengujian hipotesis dilakukan dengan teknik analisis jalur.
Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) dukungan sosial berada pada
kategori cukup (2) konsep diri siswa berada pada kategori cukup (3) motivasi
berprestasi siswa berada pada kategori cukup (4) dukungan sosial berkontribusi
terhadap motivasi berprestasi sebesar 20,2%, (5) konsep diri berkontribusi
terhadap motivasi berprestasi sebesar 14,4%, (6) dukungan sosial dan konsep diri
berkontribusi terhadap motivasi berprestasi sebesar 25,7%.
Temuan di atas mengimplikasikan bahwa dukungan sosial dan konsep diri
adalah dua faktor yang memiliki kontribusi terhadap motivasi berprestasi siswa,
akan tetapi masih banyak faktor lain yang berpengaruh terhadap motivasi
berprestasi siswa yang tidak dikaji dalam penelitian ini, dengan demikian
dukungan sosial, konsep diri berkontribusi dalam meningkatkan motivasi
berprestasi siswa di sekolah. Perlu dilakukan penelitan yang serupa akan tetapi
dilatarbelakangi oleh konteks yang berbeda agar dapat membandingkan temuan
dari hasil penelitian ini
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 07:07 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 07:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5520 |