Implementing the Scaffolding Strategy in Teaching Writing an Expository Text at the Second Grade of Senior High School

Y, Oktaviani Reski (2012) Implementing the Scaffolding Strategy in Teaching Writing an Expository Text at the Second Grade of Senior High School. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RESKI_OKTAVIANI_Y_01633_5784_2012.pdf] Text
B1_3_RESKI_OKTAVIANI_Y_01633_5784_2012.pdf

Download (4MB)

Abstract

Banyak masalah yang dihadapi oleh siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam menulis, diantaranya terkait dengan pengelolaan ide yang mereka miliki dan bagaimana mengembangkan ide tersebut. Mereka tidak mempunyai kepercayaan diri untuk menuangkan ide-ide tersebut padahal mereka memiliki kemampuan menulis. Makalah ini membahasa tentang penerapan strategy scaffolding. Metode ini dilakukan dengan cara membantu siswa dalam pengajaran menulis teks expository di Sekolah Menengah Atas. Tujuannya ialah untuk mambahas bagaimana strategy Scaffolding digunakan dalam menulis teks expository. Strategi Scaffolding diterapkan agar dapat membuat siswa menjadi semakin senang belajar bahasa Inggris khususnya dalam kemampuan menulis. Guru memberikan bantuan kepada siswa secara menyeluruh berdasarkan jarak antara tingkat pengembangan siswa yang sebenarnya dan tingkat pengembangan potensial yang dimiliki siswa sehingga siswa bisa memahami teks yang akan mereka tulis. Bantuan diberikan melalui interaksi antara guru dan siswa melalui pertanyaan dan pemberian informasi yang akan membantu siswa berfikir, menyediakan petunjuk yang jelas, penjelasan tujuan teks, menjelaskan harapan dan menggabungkan penilaian dan umpan balik. Kemudian guru secara bertahap mengurangi panduan atau bantuan kepada siswa setelah guru merasa siswa memahami teks yang akan mereka tulis sampai akhirnya mereka bisa menulis teks yang diajarkan tanpa bantuan guru lagi. Ada beberapa manfaat dari strategi Scaffolding yaitu: membangun kepercayaan diri siswa dalam menulis, siswa tidak pasif mendengarkan informasi yang dijelaskan, bahkan guru mendorong siswa dengan membangun pengetahuan sebelumnya dan pengetahuan baru. Dengan menggunakan strategi ini guru bisa menemukan apa yang menjadi kendala dalam mengembangkan kemampuan siswa dalam menulis. Penerapan strategi Scaffolding diharapkan bisa meningkatkan kemampuan dan motivasi belajar siswa, terutama dalam bidang menulis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Scaffolding, Expository Text
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 14 Apr 2025 07:06
Last Modified: 14 Apr 2025 07:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5515

Actions (login required)

View Item
View Item