Pelaksanaan Pembelajaran Pendekatan Kontekstual dalam meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar Matematika di Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 007 Sukamaju Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar Provinsi Riau

Mono, Mono (2010) Pelaksanaan Pembelajaran Pendekatan Kontekstual dalam meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar Matematika di Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 007 Sukamaju Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_MONO_93199_5325_2012.pdf] Text
B1_1_MONO_93199_5325_2012.pdf

Download (188kB)

Abstract

Aktivitas dan hasil belajar siswa merupakan masalah yang erat hubungannya
dengan kesuksesan siswa dalam belajar. Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran
di kelas masih rendah. Hasil belajar siswa rendah, jika dilihat dari perolehan nilai
akhir semester pada setiap tahun. Salah satu usaha yang dilakukan guru dalam
pembelajaran adalah dengan menggunakan pendekatan kontekstual untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuannya adalah membimbing
peserta didik melihat makna dalam materi akademik dengan konteks dalam
kehidupan sehari-hari. Dengan pendekatan kontekstual siswa diharapkan dapat
menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan kehidupan nyata
sehingga dapat mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan
mereka.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (action research) pada bidang
studi Matematika. Peneliti bertindak langsung sebagai peneliti internal. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 007 Sukamaju Kecamatan Tapung
Hilir Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Penelitian terdiri dari dua siklus, setiap siklus
terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.
Instrumen yang digunakan untuk mengamati perlakuan dan hasil tindakan adalah
lembaran observasi, angket respon siswa terhadap perangkat pembelajaran dan tes
hasil belajar.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pendekatan kontekstual dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran
Matematika di kelas IV SD Negeri 007 Sukamaju Kecamatan Tapung Hilir
Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Hal ini terlihat pada peningkatan aktivitas dan
hasil belajar baik secara individual maupun secara klasikal. Setelah penerapan dengan
menggunakan pendekatan kontekstual menjadi 63,50 dengan ketuntasan klasikal
66,7% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 73,70 pada siklus II dengan
ketuntasan klasikal 100%.
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran
pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika di
kelas IV SD Negeri 007 Sukamaju Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar
Provinsi Riau.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 14 Apr 2025 07:05
Last Modified: 14 Apr 2025 07:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5513

Actions (login required)

View Item
View Item