Kontribusi Iklim Komunikasi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Profesional Guru SMP Negeri di Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman

Harahap, Monang (2010) Kontribusi Iklim Komunikasi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Profesional Guru SMP Negeri di Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_MONANG_HARAHAP_10648_5332_2012.pdf] Text
B1_1_MONANG_HARAHAP_10648_5332_2012.pdf

Download (262kB)

Abstract

Berdasarkan prapenelitian yang dilakukan ke beberapa SMP Negeri di
Kabupaten Pasaman diperoleh gambaran kurang profesionalnya guru dalam
melaksanakan pembelajaran, seperti penggunaan strategi pembelajaran
kurang sesuai dengan kondisi siswa, kurang mau mengembangkan diri, dan
hasil belajar siswa umumnya rendah. Fenomena ini diduga berkaitan dengan
beberapa faktor, misalnya iklim komunikasi dan kepemimpinan kepala
sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi faktor iklim
komunikasi dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi
profesional guru. Hipotesis yang diajukan adalah: 1) iklim komunikasi
berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru; 2) kepemimpinan kepala
sekolah berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru; dan 3 iklim
komunikasi dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama
berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru.
Populasi penelitian ini adalah guru-guru SMP Negeri di Kecamatan
Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman dengan jumlah 147 orang. Sampel
penelitian 59 orang diseleksi dengan teknik stratified proportional random
sampling. Data iklim komunikasi, kepemimpinan kepala sekolah, dan
kompetensi profesional guru dikumpulkan dengan angket model skala Likert.
Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa ketiga hipotesis yang diajukan
telah teruji pada taraf signifikansi p < α=0,05 (taraf kepercayaan 95%).
Variabel iklim komunikasi berkontribusi sebesar 10,7% terhadap kompetensi
profesional guru, variabel kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi sebesar
14,6% terhadap kompetensi profesional guru. Secara bersama-sama,
kontribusi iklim komunikasi dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap
kompetensi profesional guru adalah 21,9%. Simpulan penelitian ini adalah
iklim komunikasi dan kepemimpinan kepala sekolah merupakan dua variabel,
di samping variabel lain, yang perlu diperhatikan dengan baik untuk
meningkatkan kompetensi profesional guru SMP Negeri di Kecamatan Lubuk
Sikaping Kabupaten Pasaman.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 14 Apr 2025 07:04
Last Modified: 14 Apr 2025 07:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5506

Actions (login required)

View Item
View Item